Sikap Peserta Didik pada Pembinaan Kesehatan Mental Berbasis Bimbingan dan Konseling Islam
Keywords:
Bimbingan dan Konseling, Kesehatan MentalAbstract
Pendidikan adalah proses memanusiakan manusia, ini mengandung makna bahwa pendidikan upaya yang dilakukan oleh manusia untuk merubah kedudukan manusia, tidak hanya sebagai makhluk biologis tetapi juga makhluk berbudaya. Bimbingan dan konseling atau guidance and counseling merupakan salah satu program pendidikan yang diarahkan kepada usaha pembaruan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sikap peserta didik dalam upaya pembinaan kesehatan mental dengan menerapkan bimbingan dan konseling Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan konseling, pedagogik., dan teologis normative. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru Bimbingan dan Konseling, beberapa guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa sikap peserta didik di UPT SMA Negeri 8 Luwu Utara dalam menerapkan bimbingan dan konseling Islam dalam upaya pembinaan kesehatan mental yaitu: a) Semangat atau antusias dalam mengikuti dan melaksanakan kegiatan sekolah yang bernuansa keagamaan,b) Melibatkan diri secara aktif dan menjalin sinergitas semua guru dan konselor untuk menciptakan suasana keberagamaan,dan c) Mengoptimalkan program ekstrakurikuler kerohisan Islam seperti Remaja Mushallah,taklim setelah salat jama’ah ẑuhur dan ashar, Salat jum’at, dan tarbiyah bagi siswi setiap pekan.
References
Gudnanto. 2015. Peranan Bimbingan dan Konseling Islami dalam Mencetak Generasi Emas Indonesia. Jurnal Konseling Gusjigang,
Joko Subagyo, 1991. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta,
Prayitno. 2004. Layanan Konseling Perorangan. Padang : UNP
Ramayulis dan Mulyadi, 2016. Bimbingan dan Konseling Islam di Madrasah dan Sekolah. Jakarta: Kalam Mulia.
Republik Indonesia,Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan, Bab I,Pasal 1,ayat 1.
Salim dan Syahrum. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Samsul Munir Amin. 2015. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta:Amzah.
Sofwan Indarjo, Kesehatan Remaja (Jurnal Kesehatan Masyarakat, UN Semarang Indonesia, 2019)
Sururin. 2004. Ilmu Jiwa,Agama. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Zakiah Daradjat. 1982. Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental. Jakarta : Bulan Bintang.
Zakiah Daradjat. 1984. Kesehatan Mental Peranannya dalam Pendidikan dan Pengajara. Jakarta: Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.