Sikap Peserta Didik pada Pembinaan Kesehatan Mental Berbasis Bimbingan dan Konseling Islam

Authors

  • Bulu Bulu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
  • Taqwa Taqwa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
  • Muhammad Rajab Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
  • Rifaah Mahmudah Bulu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Keywords:

Bimbingan dan Konseling, Kesehatan Mental

Abstract

Pendidikan adalah proses memanusiakan manusia, ini mengandung makna bahwa pendidikan upaya yang dilakukan oleh manusia untuk merubah kedudukan manusia, tidak hanya sebagai makhluk biologis tetapi juga makhluk berbudaya. Bimbingan dan konseling atau guidance and counseling merupakan salah satu program pendidikan yang diarahkan kepada usaha pembaruan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sikap peserta didik dalam upaya pembinaan kesehatan mental dengan menerapkan bimbingan dan konseling Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan konseling, pedagogik., dan teologis normative. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru Bimbingan dan Konseling, beberapa guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa sikap peserta didik di UPT SMA Negeri 8 Luwu Utara dalam menerapkan bimbingan dan konseling Islam dalam upaya pembinaan kesehatan mental yaitu: a) Semangat atau antusias dalam mengikuti dan melaksanakan kegiatan sekolah yang bernuansa keagamaan,b) Melibatkan diri secara aktif dan menjalin sinergitas semua guru dan konselor untuk menciptakan suasana keberagamaan,dan c) Mengoptimalkan program ekstrakurikuler kerohisan Islam seperti Remaja Mushallah,taklim setelah salat jama’ah ẑuhur dan ashar, Salat jum’at, dan tarbiyah bagi siswi setiap pekan.

References

Gudnanto. 2015. Peranan Bimbingan dan Konseling Islami dalam Mencetak Generasi Emas Indonesia. Jurnal Konseling Gusjigang,

Joko Subagyo, 1991. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta,

Prayitno. 2004. Layanan Konseling Perorangan. Padang : UNP

Ramayulis dan Mulyadi, 2016. Bimbingan dan Konseling Islam di Madrasah dan Sekolah. Jakarta: Kalam Mulia.

Republik Indonesia,Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan, Bab I,Pasal 1,ayat 1.

Salim dan Syahrum. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Samsul Munir Amin. 2015. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta:Amzah.

Sofwan Indarjo, Kesehatan Remaja (Jurnal Kesehatan Masyarakat, UN Semarang Indonesia, 2019)

Sururin. 2004. Ilmu Jiwa,Agama. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Zakiah Daradjat. 1982. Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental. Jakarta : Bulan Bintang.

Zakiah Daradjat. 1984. Kesehatan Mental Peranannya dalam Pendidikan dan Pengajara. Jakarta: Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Downloads

Date published articles:

2021-11-08

Cite on this Journal:

Bulu, B., Taqwa, T., Rajab, M. ., & Bulu, R. M. (2021). Sikap Peserta Didik pada Pembinaan Kesehatan Mental Berbasis Bimbingan dan Konseling Islam. Jurnal Konsepsi, 10(3), 174–186. Retrieved from https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/103