Pengembangan Teknologi Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Keywords:
Teknologi, Audiovisual, Belajar Bahasa ArabAbstract
Masalah yang dihadapi oleh tenaga pengajar adalah keterbatasan dalam menyediakan media pembelajaran bahasa Arab. Masalah ini menyebabkan kurangnya motivasi belajar sehingga pemahaman dan pengetahuan siswa menjadi rendah. Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan teknologi audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode library. Perkembangan teknologi informasi dan pengetahuan dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan. Dalam dunia pendidikan dituntut mengikuti arus perkembangan tersebut, termasuk dalam hal pembelajaran bahasa Arab. Diharapkan tenaga pengajar dapat merancang metode pengajaran yang menarik sehingga siswa termotivasi untuk belajar dan meningkatkan prestasinya. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan adalah dengan menggunakan media audio visual. Berbagai macam media audio visual yang dapat digunakan adalah laboratorium bahasa multimedia, LCD proyektor, dan internet. Media audio visual dirancang khusus untuk menarik minat belajar sehingga diharapkan media ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
References
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107.
Asmawati, W., Ali, B., & Hasriadi, H. (2017). Perancangan Aplikasi Pengelolaan Data Perpustakaan Berbasis Visual Basic Pada SMP Negeri Satap Sampeang. PROSIDING SEMANTIK, 1(2), 117.
Chodidjah, S., & Indayanti, D. (t.t.). Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan.
Hartanti, D. (2013). Media Pembelajaran (Ebook). Pendidikan Tehnik dan Arsitektur Universitas Pendidikan Indonesia.
Hasriadi, H. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59–70.
Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 1(2), 139–152.
Kartini, K. (2010). Pendekatan Komunikatif (Al-Madhal Al-Ittishal) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. AL TAJDID, 2(1).
Nugrawiyati, J. (2018). Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(1), 97–111.
Pariartha, I. G. M. A., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2013). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas VIII Semester 1 di SMP Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2).
Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1–16.
Rosyidi, A. W. (2009). Media pembelajaran bahasa Arab. UIN-Maliki Press.
Utama, C., Kentjananingsih, S., & Rahayu, Y. S. (2014). Penerapan media pembelajaran biologi sma dengan menggunakan model direct instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Penasains.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.