Penerapan Metode Inkuiri dalam Mata Pelajaran IPA untuk Menunjang Keberhasilan Proses Belajar Mengajar
Keywords:
pembelajaran IPA, metode inkuiriAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang menggunakan siklus Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil proses belajar mengajar yang baik pada kelas IV MI DDI 1 Palopo. Penelitian tindakan kelas ini secara umum untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di MI DDI 1 Palopo dan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPA kelas IV MI DDI 1 Palopo pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dua siklus dengan materi Alat Indra alat pengumpul data yang digunakan terdiri dari instrumen pembelajaran, evaluasi (tes dan non tes), dokumentasi, serta observasi untuk mengetahui validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Inkuiri proses belajar mengajar lebih baik secara signifikan. Secara berturut-turut (berdasarkan siklus I dan II) hasil proses belajar mengajar IPA materi pokok Alat Indra pada siswa kelas IV MI DDI 1 Palopo, diperoleh bahwa rata rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 65 termaksud dalam kategori kurang dengan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 29 siswa dengan peresentase 65% dan hasil belajar pada siklus II rata rata diperoleh 85 termaksud dalam kategori baik dengan jumlah siswa yang tuntas 32 dengan persentase sekitar 89%, di samping itu aktifitas siswa dan aktifitas guru juga mengalami peningkatan dari pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir baik dari siklus I maupun siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas ini berhasil sehingga penerapan metode Inkuiri pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar pada siswa kelas IV MI DDI 1 Palopo.
References
Ahmad Rohani ,2004, Pengelolaan Pengajaran. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad Sabri, 2005, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching
Arief Furchan, 2006, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Arikunto, Suharsimin, 1996, Pengelolaan Kelas dan Siswa. Cet.IV; Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Conny Semiawan, 1985, Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. T. Cet. Jakarta: Gramedia.
DR. Kunandar, 2012, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dr. C. Asri Budiningsih, 2008, Belajar dan Pembelajaran. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta
Drs. Nana Sudjana, 2011, Dasar-Dasar proses Belajar Mengajar. Cet.XII; Bandung:Sinar Baru Algensindo
Elaine B.Johnson, Ph.D, 2011, CTL (Contekstual Teaching and Learning). Bandung: Kaifa Learning
Koko Komalasari, 2011, Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Rafika Aditama.
Muliyasa E, 2008, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pemebelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Masniati, Upaya Penerapan Metode Inkuiri dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Muhammadiyah Palopo,Skripsi Prodi PAI Jurusan Tarbiyah, IAIN Palopo. 2010.
Momoy, Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Metode Inkuiri di Kelas VI SDN 2 Jampiraso Temanggung.
MI DDI 1 Palopo, 10 Agustus 2016, Visi dan Misi. Dokumentasi MI DDI 1 Palopo
Nana Syaodih Sukmadinata, 2007, Pendekatan Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.
Oemar Hamalik, 2001, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Pius Apartanto, M. Dahlan AlBarry, 1994, Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.
Sanjaya, penerapan model pembelajaran inkuiri, http://blogjarsha. Blogspot.co.id/2013/03. Html.
Sriyono, 1992, Teknik Belajar Mengajar CBSA, Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono,2007, Memahami Peniltian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wina Sanjaya, 2011, Pembelajaran Inquiri. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.