Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA dengan Penerapan Strategi Lightening The Learning Climate
Keywords:
Strategi Pembelajaran, Keaktifan, Pembelajaran IPAAbstract
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana cara penerapan strategi pembelajaran lightening the learning climate dan kaitannya dengan keaktifan peserta didik pada pembelajaran IPA kelas III SDN 24 Temmalebba? 2) Apakah kendala dari penerapan strategi lightening the learning climate dan kaitannya dengan keaktifan peserta didik pada pembelajaran IPA kelas III SDN 24 Temmalebba? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilakukan di kelas III SDN 24 Temmalebba kota Palopo, yang bertindak sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas III B yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu: model miles and huberman, reduksi, penyajian dan menarik kesimpulan (data reduction, data display, dan conclision drawing/verivication). Hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang menjelaskan bahwa adanya keterkaitan antara strategi pembelajaran lightening the learning climate dengan keaktifan peserta didik. Adapun cara penerapan strategi pembelajaran lightening the learning climate dan kaitannya dengan keaktifan peserta didik pada pembelajaran IPA terdiri dari beberapa langkah yaitu pengenalan strategi pembelajaran lightening the learning climate, membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok, menjelaskan cara pelaksanaan strategi pembelajaran lightening the learning climate,dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Sedangkan kendala yang dihadapi saat penerapan strategi tersebut adalah tingkat pemahaman peserta didik yang berbeda-beda, peserta didik masih kurang dalam mempresentasikan hasil pemikirannya, penguasaan kelas yang masih kurang dan pendidik masih belum terlalu menguasai strategi pembelajaran lightening the learning climate.
References
Abdullah dan Eni Rahma, 2009, MKDU Ilmu Pengetahuan Dasar, Jakarta: Bumi Aksara.
Anurrahman.2014, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Budiningsih, C. Asri. 2015, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Agama RI, 2011,Al – Qur’an dan Terjemahan, Depok: Cahaya Qur’an.
Departemen pendidikan nasional, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka.
Djammarah, Saiful Bahri dan Azwan Zain, 2014, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah,M. Ali dan Muhlisrarini, 2014, Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hisbullah, 2012, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo.
Listyarti, Retno. 2012, Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif, Bandung: Erlangga.
Majid, Abdul. 2012, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, Offset.
Rusman.2016, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Indeks.
Rustan, Edhy dan Muh.Said Bahru,2018,“Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia.”Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol. 6.No. 1.
S, Syamsu. 2015,Strategi Pembelajaran Meningkatkan Kompetensi Guru, Makassar: Aksara Timur.
S, Syamsu. 2017, Strategi Pembelajaran Tinjauan Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan, Makassar: Nas Media Pustaka.
Sanjaya, Wina, 2016, Strategi Pembelajaran Orientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. 2014, Dasar-Dasar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.
Sukirman, dkk.2014, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Pedagogik, STAIN Palopo.
Susanto. Ahmad, 2014, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyitno, A dan Rachmadi Achirul Salam.2010, Ilmu Pengetahuan Alam, Bogor: Yudistira.
Thobroni, M, 2017, Belajar Dan Pembelajaranteori dan Praktik, Depok: Ar-Ruzz Media.
Undang-Undang, 2013, Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional), Bandung: Sinar Grafika.
Uno, hamsah B. 2007, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksarah.
Warsono dan Heriyanto, 2017, Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Werang, Basilius R, 2015,Menejemen Pendidikan Disekolah, Yogyakarta: Media Akademi.
Worth, Pat Helling dan Gina Lewis, 2008,Pembelajaran Aktif Meningkatkan KeasyikanKegiatan di Kelas, Jakarta: Indeks.
Zaini, hisyam, dkk. 2011,Strategi Pembelajaran Efektif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.