Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun RPP Melalui Bimbingan dan Pelatihan Daring di SD Negeri 040 Salulemo Kabupaten Luwu Utara

Authors

  • Adenia Adenia UPT SD Negeri 040 Salulemo Kabupaten Luwu Utara

Keywords:

online, bimbingan dan pelatihan, kompetensi guru

Abstract

  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan sebuah perubahan dalam bentuk meningkatkan kompetensi guru melalui bimbingan dan pelatihan daring di SD Negeri 040 Salulemo Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada guru di UPT SD Negeri 040 Salulemo Kabupaten Luwu Utara, sebagai subyek penelitian. Obyek penelitian adalah bimbingan dan pelatihan daring. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Bimbingan dan pelatihan melalui WhatsAPP video call group, dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP menggunakan Apl.WhatsAPP video call group. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dari siklus ke siklus . Pada siklus I nilai rata-rata indikator kompetensi guru sebesar 64,41% dan pada siklus II 87,05%. Jadi, terjadi peningkatan 18.64% dari siklus I.    

 

 

Author Biography

Adenia Adenia, UPT SD Negeri 040 Salulemo Kabupaten Luwu Utara

     

 

 

References

Akmaludin, A., Handayani, P., & Septiana, L. (2019). Pelatihan Internet Pembuatan Blog bagi Guru-Guru HIMAPAUDI Kecamatan Kemayoran, Jakarta. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 111–118. https://doi.org/10.30653/002.201942.144

Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar (Doctoral dissertation, PPS).

Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925

Basna, F. (2016). Analisis Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai. JURNAL RISET BISNIS DAN MANAJEMEN, 4(3), Article 3. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/12743

Danil, D. (2017). Upaya Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah (Study Deskriptif Lapangan di Sekolah Madrasah Aliyah Cilawu Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 30–40. https://doi.org/10.52434/jp.v3i1.21

Firman, F., Aswar, N., Sukmawaty, S., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2020). Application of the Two Stay Two Stray Learning Model in Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 551-558. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/621

Baderiah, B., & Ilham, E. D. (2015). Reorientasi Pendidikan Islam dalam Perspektif Akhlak Era Millenium Ketiga. Laskar Perubahan.

ER, T., Listiawati, M. K., Nurjaya, R. S., Setiawati, N. P. A., Ilham, D., Wulansari, R., Sunarsi, D., & Purwanto10, A. (2021). THE EFFECT OF ONLINE MARKETING AND E-SERVICE QUALITY ON PURCHASE DECISIONS: AN EMPRIRICAL STUDY ON ONLINE SHOP. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32, 3.

Ilham, D., Erlangga, H., Rojak, A., Nurjaya, Sunarsi, D., & Dewi, R. R. V. K. (2021). Innovative Work Behavior Model for Teachers with A Generation Diversity Approach. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), 2345–2353.

Jaya, T., Suryani, L., & Ilham, D. (2020). Pengaruh Mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19) Terhadap Implementasi Ritual Ibadah di Masjid Pada Masyarakat Islam di Luwu Raya. Madaniya, 1(4), 177–181.

Kaharuddin, Ilham, D., Kaso, N., Malewa, F., Iksan, M., & Hisbullah. (2021). Character Building on Higher Education: How to Anticipate Radical Ideology at Islamic University in South Sulawesi. Psychology and Education Journal, 58(2), 10651–10661.

Kaso, N., Subhan, S., Ilham, D., & Aswar, N. (2021). Penguatan Mitigasi Radikalisme Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Taman Kanak-Kanak di Kota Palopo. Madaniya, 2(2), 152–167.

Rifuddin, B., Ilham, D., & K, N. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program: The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education, 1(2), 81–94. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.34

Firman, F., Mirnawati, M., Sukirman, S., & Aswar, N. . (2020). The Relationship Between Student Learning Types and Indonesian Language Learning Achievement in FTIK IAIN Palopo Students. Jurnal Konsepsi, 9(1), 1–12. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/24

Gunawan, I. G. D., Pranata, Paramarta, I. M., Mertayasa, I. K., Pustikayasa, I. M., & Widyanto, I. P. (2020). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, 1, 15–30. https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.34

Hadi, R. I., Suhirwan, S., & Simatupang, H. (2018). Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Studi Kasus Kompetensi Tenaga Pendidik di Wing Pendidikan Teknik dan Pembekalan Kalijati Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Pertahanan TNI AU Tahun 2017). Strategi Pertahanan Udara, 4(3), Article 3. http://jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/SPU/article/view/339

Hafid, M. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah dan Madrasah di Lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 293–314. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.55

Kuka, U. (2017). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan di SMP Negeri 10 Kota Ternate. EDUKASI, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i1.282

Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98. Retrieved from https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/129

Lestari, R. A. (2016). Kompetensi guru dalam menggunakan media dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Miftahul Huda Kangkung Mranggen Demak [Undergraduate, UIN Walisongo]. http://eprints.walisongo.ac.id/6934/

Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–18.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.

Munawaroh, M. (2020). Kompetensi Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Taman Kanak-Kanak Masjid Agung Lampung Selatan. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 163–174. https://doi.org/10.12345/lentera.v13i1.525

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.

Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 114–136. https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.187

Rosmaini, R., & Tanjung, H. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3366

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285–312. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Somatanaya, A. A. G., Herawati, L., & Wahyuningsih, S. (2017). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Peningkatan Karier Guru-Guru Sekolah Dasar Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 3(1), Article 1. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jps/article/view/218

Syahril, S. (2020). Pengaruh Seleksi dan Kompetensi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Karya Murni Sentosa Padang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 22(2), 335–347. https://doi.org/10.47233/jebd.v22i2.140

Downloads

Date published articles:

2021-04-05

Cite on this Journal:

Adenia, A. (2021). Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun RPP Melalui Bimbingan dan Pelatihan Daring di SD Negeri 040 Salulemo Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(2), 83–94. Retrieved from https://www.p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/39