Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Audio Visual untuk Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Riska Lestari Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Edhy Rustan Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nilam Permatasari Munir Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Penelitian pengembangan, media pembelajaran matematika, audio visual

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran pada materi kelipatan  persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar terintegrasi (audio visual). Penelitian ini bertujuan: a) Untuk mengetahui  hasil Pengembangan, Validitas, dan Praktikalitas produk pengembangan media pembelajaran terintegrasi audio visual dalam keterampilan berhitung KPK dan FPB. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D). Tahap penelitian menggunakan model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk yang dihasilkan yaitu  media pembelajaran terintegrasi audio visual yang memilii durasi 10 menit. yang didalamnya terdapat materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar. Didalam media ini ada beberapa poin yang pertama itu tujuan pembelajaran, pengertian dari kelipatan dan faktor, untuk mencari nilai KPK dan FPB selanjutnya ada latihan  mengerjakan soal, dan akhir dalam  media ini ada kunci jawaban. Kegunaan media ini yaitu untuk membantu guru dalam pembelajaran dan  menumbuhkan rasa minat siswa dalam belajar. Hasil validitas dari masing-masing ahli. Hasil validasi oleh ahli materi 95,83% (sangat valid), ahli media  85,71% (sangat valid), ahli bahasa 93,75% (sangat valid). Kepraktisan  92,5%  dengan memenuhi kategori sangat praktis. Pengembangan media pembelajaran terintegrasi audio visual dinyatakan sangat layak dan mendapatkan respon positif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran.

References

Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 5(4), Article 4.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19: (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 56, Article 56. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.4

Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Hatija, M., Lubis, L., & Rahim, R. (2023). Teori-Teori Belajar dan Implementasinya dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.35914/jad.v6i2.2125

Idrus, I. (2023). Pembelajaran Berbasis Kognitif Multimedia pada Kalbu Perspektif al-Qur’an. Al Ashriyyah, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.53038/alashriyyah.v9i2.171

Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424

Jusmiana, A., Herianto, H., & Awalia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Era Pandemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.400

Khasanudin, M., Cholid, N., & Putri, L. I. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V SD/MI. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(5), Article 5. https://doi.org/10.22460/collase.v3i5.5888

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal, 2(1), Article 1.

Mubarok, H., & Setiawan, W. (2023). Pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan plotagon studio pada materi peluang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), Article 4. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.18391

Nisa, Z., Azzahra, R. T., & Khotimah, S. K. (2023). Studi Analisis: Teori Pemrosesan Informasi dalam Pembelajaran PAI Berbasis HOTS. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.525

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Nurfadhillah, S., Barokah, S. F., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., & Yanti, A. A. (2021). Pengembangan Media Audio Visual pada Pembelajaran Matematika di Kelas 1 MI Al Hikmah 1 Sepatan. PENSA, 3(1), 149–165.

Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220

Saputra, R. E. (2022). Penerapan Media Audio Visual pada Materi Penjumlahan Kelas 2 di SDN 3 Wonoboyo. BAHUSACCA : Pendidikan Dasar Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.53565/bahusacca.v3i1.1135

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.632

Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194

Downloads

Date published articles:

2024-02-01

Cite on this Journal:

Lestari, R., Rustan, E., & Munir, N. P. . (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Audio Visual untuk Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4), 197–210. Retrieved from https://www.p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/298