Peningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI SDN 93 Tombang dengan Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS
Keywords:
Minat Belajar, Metode Kooperatif Tipe JigsawAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SDN 93 Tombang Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu dengan subjek penelitian siswa kelas VI dengan jumlah siswa 22 orang.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi,dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam meningkatkan minat belajar siswa pada kelas VI SDN 93 Tombang Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu bahwa minat belajar siswa meningkat setelah diterapkannya metode kooperatif tipe jigsaw. Dapat dilihat dari siklus I minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS berada pada kategori sangat rendah, setelah melakukan perbaikan pada siklus II minat belajar siswa meningkat yaitu berada pada kategori sangat tinggi. Selain itu, hasil belajar siswa juga meningkat dari prasiklus nilai rata-ratanya 58 siklus I nilai rata-rata siswa 70 pada siklus II menjadi 84. Hambatan dalam penerapan metode kooperatif tipe jigsaw adalah tidak meratanya pembagian kelompok, kelompok yang pemahamannya kurang berkumpul dalam beberapa kelompok dan kelompok yang dominan pintar berada dalam satu kelompok.
References
Anita, Lie, Cooperative Learning, Jakarta : Grasindo,2007
Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Cet.XII;Jakarta : PT. Bumi Aksara,2014.
B Uno,Hamzah, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta:PT. Bumi Aksara,2007.
Departemen Agama RI, alqur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/penafsir alqur’an, 1971.
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan, Dasar-Dasar Didaktik dan Penerapannya dalam Pembelajaran, Jakarta :Balai Pustaka ,2003
Darajat, Zakiah, Pengajaran Agama Islam, Cet. III;Jakarta:Bumi Aksara,2004.
Djaali, Psikologi Pendidikan, Cet.I ; Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Harmiati, Peranan Cooperatif Learning dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru di MTS Batusitanduk Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu, (Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah STAIN PALOPO,2010.
Hasan, Iqbal Pokok-Pokok Materi Statistik1 (Statistik Deskriptif),Cet I;Edisi ke II;Jakarta:Bumi Aksara,2002 Http: //cressoft.filesWord Press.com/2015/05/02minat.pdf
Ismayanti, Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Pakar Kabupaten Kolaka Utara, (Skripsi : STAIN Palopo,2010)
Johnson & Johnson DW, Learning Together and Alone, allin and bacon , Jakarta: Massa Chussetts,2001
Kholid, abd,Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Lampung: Magister Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, 2009.
Nurhadi dkk, Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Penerapannya dalam KBK, Malang : IKIP Malang, 2003.
Rusman, Model-model Pembelajaran , Cet II, Bandung: Rajawali Pers, 2011.
Saleh, Abdurrahman dan Muhibbin Abdul Wahab,Psikologi suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Cet. I; Jakarta Kencana, 2004.
Sanjaya, Wina, Penelitian Tindakan Kelas, Cet. II; Jakarta : Kencana, 2009.
Sanusi, Syamsu, Strategi Pembelajaran , Palopo,Jurusan Tarbiyah STAIN Palopo,2007.
Sofa, pakde, https//massofawordpress.com/2010/12/09/ pengertian ruang lingkup dan tujuan IPS/(diakses 7 juni 2016).
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.