Meningkatkan Kreativitas Mengarang melalui Penerapan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Muhammad Akram Ilyas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Menulis, Kreativitas, Metode Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menulis serta meningkatkan proses pembelajaran tentang penyusunan melalui penerapan metode mind mapping pada siswa kelas IV MI 10 Tumbubara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI 10 Tumbubara yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas dalam menyusun siswa kelas IV MI 10 Tumbubara melalui penerapan metode mind mapping. Persentase skor rata-rata dalam pra-siklus adalah 39% dengan skor kelulusan 0%, siklus 1 adalah nilai rata-rata 75% dengan nilai kelengkapannya adalah 41%, dan siklus 2 lembar adalah rata-rata 90% dengan kelulusan 100%. Persentase aktivitas siswa dari siklus 1 adalah 67% ke siklus 2 sebesar 97%.

References

Adib Bisri, “Shahih Muslim” (Cet I : Semarang, 1993).

Age Meyke Hapsari, M.Shaifuddin, Tri Budiharto,”Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kreativitas Menggambar Ilustrasi”. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/8749 di akses pada tanggal 03 Oktober 2017.

Aini Annisa, Andayani, Atikah Anindyarini . “Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar”. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/2072 di akses pada tanggal 03 Oktober 2017.

Burns, Paul C.,Roe B., & Ross, E.P, 1996. Tecahing Reading in Today’s Elementary School, Oston Hougthon Company.

Departemen Agama RI, Alhidayah “Al-Qur’an Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka, Tanggerang Selatan, Banten.

Dalman, Keterampilan Menulis, (Cet IV : Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2015).

Doddington Christine dan Mary Hilton, Pendidikan Berpusat pada Anak : Membangkitkan Kembali Tradisi Kreatif. Jakarta : PT Indeks, 2010.

Darusman Rijal, “Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP”, http://www.ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/61 di akses pada tanggal 03 Oktober 2017.

Khotimah Husnul, Kartika Chrysti Suryandari, “Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV Sdn 2 Panjer”, jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8969 di akses pada tanggal 23 februari 2018.

Kamil Abdul Marisi. 2017, “Efektivitas Model Pengukuran Kreativitas Dalam Pembelajaran Hemisphere Kanas (HK) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V Dalam Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar”. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1981 di akses pada tanggal 03 Oktober 2017.

Muslim Abu Husain bin Hajjaj Alqusyairi Annaisaburi, “Shahih Muslim” (Kitab: Ilmu, Darul Fikri: 1993 M) Juz 2 no. 1017.

Nurdjan Sukirman. 2015.Cara Kreatif Menulis Karya Ilmiah. Palopo. Aksara Timur.

Rosyid Muhammad, “Peningkatan Kreativitas Menggambar Ilustrasi Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas IV SDN Ngancar”. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/view/4754 di akses pada tanggal 03 Oktober 2017.

Ratna Kurnia Dewi, Kartika Chrysti Suryandari, Suripto, “Upaya Peningkatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Teknik Mind Map Pada Siswa Kelas IV SDN Sidodadi”,

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/8618, di akses pada tanggal 10 desember 2017.

Sukirman, “Cara Kreatif Menulis Karya Ilmiah”. (Palopo: Penerbit Aksara Timur, 2015).

Susanto Ahmad. 2014.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cet.II. Jakarta. Kencana.

Slamet, Y, 2007, Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Taniredja Tukiran, Irma Pujiati, M. Pd., Nyata, S.Pd. 2010, “Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis, dan Mudah”. Purwwokerto: Alfabeta.

Tarigan, G.H. 2013.Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. CV. Angkasa.

Thaha, H., & Rustan, E. (2017). Orientasi Religiusitas dan Efikasi Diri dalam Hubungannya dengan Kebermaknaan Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa IAIN Palopo. Studi Agama Dan Masyarakat, 13(2), 163–179. https://doi.org/10.23971/jsam.v13i2.551

Windura Sutanto, “1 st MIND MAP untuk Siswa, Guru, & Orang Tua”, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2013).

WiyantoAsul. 2014.Terampil Menulis Paragraf. Jakarta. Grasindo.

Zulela. 2013. pembelajaran Bahasa Indonesia, Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Cet,II. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Saddhono Kundharu dan Slamet. 2014. Pembelajara Keterampilan Berbahasa Indonesia.Cet. I . Yogyakarta. Graha Ilmu.

Downloads

Date published articles:

2018-11-04

Cite on this Journal:

Ilyas, M. A. (2018). Meningkatkan Kreativitas Mengarang melalui Penerapan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Konsepsi, 7(3), 138–147. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/152