Manajemen Pembelajaran Blended Learning dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa

Authors

  • Musdalipa Musdalipa STISIP Veteran Palopo

Keywords:

Pembelajaran, Blended Learning, Efektivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran blended learning terhadap mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpilan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan dokumentasi. Data yang di kumpulkan dianalisis mealui reduksi data hingga penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam memanajemen pembelajaran blended learning dalam upaya meningkatkan efektivitas belajar mahasiswa dapat dilakukan dengan beberapa tahapan. Tahap pertama dilakukan perencanaan oleh ketua program studi masing-masing fakultas mengumpulkan dosen dan mengarahkannya dalam melakukan pembelajaran harus sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berdasarkan mata kuliah yang diampuh. Tahap kedua dilakukan pengorganisasian, dalam hal ini PBAL (Pusat Bahan Ajar e-Learning) sebagai pengelola kagiatan pembelajaran blended learning yang berkoordinasi dengan ketua program studi masing-masing. Tahap ketiga dilakukan pelaksanaan, dalam hal ini pelaksanaan pembelajaran blended learning  dilaksanakan berdasarkan aturan akademis yang dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan selama satu semester termasuk UTS dan UAS. Tahap keempat dilakukan pengawasan, dalam hal ini PBAL (Pusat Bahan Ajar e-Learning melakukan pengawasan terhadap aktivitas dosen dan pengawasan yang dilakukan oleh dosen terhadap mahasiswa. Oleh katena itu pembelajaran blended learning memiliki efektifitas yang positif karena dapat memberikan kemudahan baik itu bagi dosen maupun bagi mahasiswa.

References

Astrid, Savitri. 2019. Bijak Mendidik Anak di Era Milenial. Yogyakarta: Briliant.

Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung:Rosdakarya.

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Prestasi Pustaka Raya.

Priadi, Singgih. 2013. Model Blended Learning. Surakarta:Yuma Presindo.

PERMENDIKBUD RI No. 109 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Tinggi (PJJ).

PERMENDIKBUD RI No. 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi.

Rusli, Muhammad. 2017. Multimedia Pembelajaran yang Inovatif. Jogjakarta: Penerbit Andi.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Downloads

Date published articles:

2021-02-28

Cite on this Journal:

Musdalipa, M. (2021). Manajemen Pembelajaran Blended Learning dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa. Jurnal Konsepsi, 9(4), 228–233. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/208