Manajemen Pembelajaran Blended Learning dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa
Keywords:
Pembelajaran, Blended Learning, EfektivitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran blended learning terhadap mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpilan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan dokumentasi. Data yang di kumpulkan dianalisis mealui reduksi data hingga penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam memanajemen pembelajaran blended learning dalam upaya meningkatkan efektivitas belajar mahasiswa dapat dilakukan dengan beberapa tahapan. Tahap pertama dilakukan perencanaan oleh ketua program studi masing-masing fakultas mengumpulkan dosen dan mengarahkannya dalam melakukan pembelajaran harus sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berdasarkan mata kuliah yang diampuh. Tahap kedua dilakukan pengorganisasian, dalam hal ini PBAL (Pusat Bahan Ajar e-Learning) sebagai pengelola kagiatan pembelajaran blended learning yang berkoordinasi dengan ketua program studi masing-masing. Tahap ketiga dilakukan pelaksanaan, dalam hal ini pelaksanaan pembelajaran blended learning dilaksanakan berdasarkan aturan akademis yang dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan selama satu semester termasuk UTS dan UAS. Tahap keempat dilakukan pengawasan, dalam hal ini PBAL (Pusat Bahan Ajar e-Learning melakukan pengawasan terhadap aktivitas dosen dan pengawasan yang dilakukan oleh dosen terhadap mahasiswa. Oleh katena itu pembelajaran blended learning memiliki efektifitas yang positif karena dapat memberikan kemudahan baik itu bagi dosen maupun bagi mahasiswa.
References
Astrid, Savitri. 2019. Bijak Mendidik Anak di Era Milenial. Yogyakarta: Briliant.
Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung:Rosdakarya.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Prestasi Pustaka Raya.
Priadi, Singgih. 2013. Model Blended Learning. Surakarta:Yuma Presindo.
PERMENDIKBUD RI No. 109 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Tinggi (PJJ).
PERMENDIKBUD RI No. 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi.
Rusli, Muhammad. 2017. Multimedia Pembelajaran yang Inovatif. Jogjakarta: Penerbit Andi.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.