Penerapan Metode Kolaborasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Nurul Islamiyah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Ahmad Tolla Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Amal Akbar Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

Keywords:

Kemampuan, Metode kolaborasi, Membaca

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode kolaborasi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VII SMPN 1 Tpmpobulu Kabupaten. Gowa. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil penerapan metode kolaborasi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten. Gowa. Jenis Penelitan adalah kuantitatif berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan cara yakni lembar tes dan lembar observasi. Analisis data kualitatif diperoleh dari data observasi. Hasil analisis data secara kuantitatif ini digunakan untuk melihat perubahan kemampuan siswa pada siklus I dan siklus II, serta melihat efektivitas penggunaan metode kolaborasi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I ini mempunyai nilai rata-rata 1.685 dan skor tertinggi 95, skor terendah yaitu 60 serta presentase yaitu 15,5% pada penilaian posttes pada pembelajaran. Siklus II mendapatkan nilai rata-rata 7.680, skor tertinggi 80, skor terendah 60 dan tingkat ketuntasan pada tes pretes yaitu 18,5%. Sedangkan pada posttes mendapatakan nilai rata-rata 10.400, skor tertinggi 95, skor terendah 65 dengan tingkat ketuntasan 22,5%.  Pada Siklus I dengan analisis deskriftif dapat dikatakan ada peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan II tapi masih banyak siswa yang berada dibawah nilai KKM (kriteria ketuntasan minimal) yaitu  ≥ 71. Hasil pengamatan pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan,  pada siklus II terjadi peningkatan yang tinggi dibandingkan pada siklus I. hal tersebut dilihat dari 25 siswa yang memperoleh ketuntasan pada pembelajaran ≥71 yaitu 23 siswa dengan 92%  dari 25 siswa sehingga yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal ≤71 yaitu 2 0rang siswa atau 13,5%.

References

Anderson, & Tarigan, H. G. (1990). Keterampilan Membaca. Pendidikan , 5.

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010 hlm 201). Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta .

Asrori, M. (2011:5). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Dwiguna, N. K. (2013). Penerapan Metode Kolaborasi Dalam Pembelajaran Paragraf Naratif Ekspositiris . Pendidikan.

Gregor, M. (2005). Applicattion of the collaboration model in learning. Jurnal Artikel.

Hidayatullah, M. F. (2009). Guru Sejati Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.

Iskandar, D., & Narsim. (2015 hlm 47-51). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Bandung: Ihya Media.

Iskandar, D., & Narsim. (2015 hlm 52). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Bandung: Ihya Media.

Keraf. (1996:42). Keterampilan Membaca. Pendidikan.

Kunandar. (2012:137). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Rajawali Pers.

Kusnandar. (2010). Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Pendidikan, 51.

Mulyasa. (2009 :100). Penelitian Tindakan Sekolah: Meningkatkan Produktivitas Sekolah. Bandung: Rosdakarya.

Mustikasari, A. (2008:5). Hakikat Pembelajaran Membaca di Sekolah Menengah Pertama. Retrieved from 123dok.com.

Reid. (2004). Pengembangan Collaborative Learning . Articel.

Sugiyono. (2011 hlm 68). Statistika untuk Penelitian. Jawa Barat: Alfabeta.

Suyanto. (1997). Pelatihan Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal .

Tarigan, H. G. (2015; 7). Membaca. Bandung: Angkasa .

Tarigan. (2008:7). Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran. artikel pendidikan.

Tarigan, H. G. (2008; ). Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. jurnal, 7.

Wargiyati, D. S. (2012). Implementasi Kolaborasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa. Pendidikan, 1-7.

Widodo, U. (2013). Penerapan Metode Kolaborasi untuk Meningkatkan Prestasi Siswa. Sripsi.

Wiriaatmadja, R. (2005 hlm 65). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Kota Salatiga: PT Remaja Rosdakarya.

Zuchdi,D. (2001: 37). Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: Uni Press.

Downloads

Date published articles:

2023-02-06

Cite on this Journal:

Islamiyah, N. ., Tolla, A., & Akbar, A. (2023). Penerapan Metode Kolaborasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama . Jurnal Konsepsi, 11(4), 464–472. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/231