Perbedaan Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Antara Dilatih Speed Strenght Dengan Menggunakan Quarter Squat dan Half Squat Pada Siswa MTs Negeri Palopo
Keywords:
Lompat Jauh, Gaya Jongkok, Speed StrenghtAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil lompat jauh antara latihan kekuatan kecepatan dengan quarter squat dan half squat, dan jika demikian hasil mana yang lebih unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen untuk mendapatkan data yang relevan. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa MTs Negeri Palopo berjumlah 40 siswa yang dibagi menjadi group ekksperimen dan group kontrol. Penelitian ini memiliki dua variabel bebas yaitu Latihan Quarter Squat dan Latihan Half Squat, sedangkan variabel terikatnya yaitu Hasil lompat jauh gaya jongkokPengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pengukuran. Sifat kuantitatif dari data yang diperoleh untuk penyelidikan ini mengharuskan penggunaan analisis statistik. Menurut data penelitian, tidak ada perbedaan substansial antara latihan Half Squat dan Quarter Squat dengan hasil lompat jauh gaya squat. Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil lompat jauh putra kelas VII MTs Negeri Palopo yang dilatih Kekuatan Kecepatan menggunakan Half Squat itidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan yang dilatih Quarter Squat, dan 2) Latihan Kekuatan Kecepatan menggunakan Quarter Squat dan Half Squat memiliki pengaruh yang sama dalam meningkatkan hasil lompat jauh gaya squat.
References
Adhi, B. P., Sugiharto, S., & Soenyoto, T. (2017). Pengaruh metode latihan dan kekuatan otot tungkai terhadap power otot tungkai. Journal of Physical Education and Sports, 6(1), 7–13.
Bekti, R. A., & Pd14, M. (2022). Pendampingan Olahraga Pilihan Bagi Siswa Disabilitas Bagi Guru Penjas SLB Di Kabupaten Kediri. Idealisme Pendidikan Jasmani, Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat, 103.
Fenanlampir, A. (2020). Ilmu Kepelatihan Olahraga. Jakad Media Publishing.
Hasriadi, H. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59–70.
Hasriadi, H. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Pendidikan Agama Islam terhadap Mata Kuliah Teknik Pembelajaran Berbasis IT. Jurnal Konsepsi, 10(4), 371–381.
Hidayat, Y., & Dinata, W. W. (2020). Tinjauan Teknik Dasar Pada Atlet Bolabasket Klub Batavia Kota Padang. Jurnal Stamina, 3(6), 335–342.
Mawardi, A. M., & Wahyudi, H. (2021). Pengaruh Latihan Zig-Zag Run Terhadap Kelincahan Pemain Sepakbola Di SSB Mitra FC U-19 Kabupaten Sumenep. Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(3), 321–330.
Meriyanto, D., Nurrochmah, S., & Heynoek, F. P. (2016). Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai Dengan Kemampuan Lompat Jauh. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(1).
Muhtar, T., & Lengkana, A. S. (2019). Pendidikan jasmani dan olahraga adaptif. UPI Sumedang Press.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216–232.
Pratama, S. A. (2021). Pengaruh Jarak Awalan dalam Lompat Jauh terhadap Hasil Lompatan pada Siswa Putra Kelas IV. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 212–216.
Priyono, B. (2012). Pengembangan Pembangunan Industri Keolahragaan Berdasarkan Pendekatan Pengaturan Manajemen Pengelolaan Kegiatan Olahraga. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 2(2).
Puspitasari, R. N. (2016). Pengaruh permainan tradisional karetan terhadap pembelajaran motorik kasar atletik lompat jauh. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 9–18.
Seba, L., Maryati, S., & Rohendi, A. (2019). Pembelajaran psikomotorik dalam pendidikan jasmani dan olahraga. CV. Salam Insan Mulia.
Utami, D. (2015). Peran fisiologi dalam meningkatkan prestasi olahraga Indonesia menuju sea games. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 11(2).
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.