Hubungan Antara Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas dengan Kelancaran Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar Negeri Samiun Kota Makassar
Keywords:
keterampilan guru, mengelola kelas, proses belajar mengajarAbstract
Penelitian ini membahas tentang hubungan antara keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan kelancaran proses Belajar mengajar di SD Negeri Samiun Kecamatan Ujungpandang Kota Makassar. Pokok Permasalahannya adalah keterampilan-keterampilan apa yang dimiliki oleh guru dalam mengelola kelas. Bagaimana proses belajar mengajar apakah berjalan lancar atau tidak. Serta bagaimana hubungan antara keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan kelancaran proses belajar mengajar. Untuk mengetetahui hal tersebut, penulis mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, melihat dokumentasi yang ada dan melalui angket yang disebarkan kepada responden srta ditunjang oleh berbagai bahan literatur yang hubungan dengan penelitian ini, kemudian diolah dan melalui metode induktif, deduktif dan komparatif, dan dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini, Guru yang ada di SD Negeri Samiun Kota Makassar memiliki keterampilan dalam mengelola kelas sehingga proses belajar mengajar berjalan lancar. Keterampilan guru dalam mengelola klas ada hubungannya dengan kelancaran proses belajar mengajar di Sd Negeri Samiun Kota Makassar. Sehingga dengan demikian, maka dengan adanya beberapa keterampilan yang dimiliki oleh guru dalam mengelola kelas, maka proses belajar mengajarpun berjalan lancar yang akhirnya tujuan pembelajaran juga dapat tercapai.
References
Abdurrahman, Drs. H. Pengelolaan Pengajaran, Cet. V CV Bintang Selatan, 1994.
Abdurrahman, Drs. H. Pengelolaan Pengajaran, Cet. VI; Ujungpandang: CV Bintang Selatan, 1994.
Ahmadi, Abu. Drs. dan Drs Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, (Cet, I; Jakarta: PT Rineka Cipta, 1991), h. 121.
Ali, Muhammad, Drs. H. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Cet. III; Bandung: CV Sinar Baru, 1987.
Arikunto, Suharsimi Drs. Prosedur Penelitian, Ed. Revisi, Cet. IX; Jakarta: PT Rineka Cipta, 1993.
Arikunto, Suharsimi Drs. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif, Ed. I, Cet.IV; Jakarta: PT Grafindo Persada, 1996.
Arsyad, Azhar. Prof. Dr. M.A. Media Pengajaran, Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada, 1997.
Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar (Doctoral dissertation, PPS).
Bahri, Drs. Syaiful. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Cet. I; Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. III; Jakarta: Balai Pustaka, 1989.
Djamarah, Syaiful Bahri. Drs. Strategi Belajar Mengajar, Cet. I; Jakarta: PT Rineka Cipta, 1996.
Firman, F., Mirnawati, M., Sukirman, S., & Aswar, N. . (2020). The Relationship Between Student Learning Types and Indonesian Language Learning Achievement in FTIK IAIN Palopo Students. Jurnal Konsepsi, 9(1), 1–12. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/24
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research, Jilid I Cet. ke XIV; Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1983.
Hamalik, Oemar, Dr. Metode Belajar dan Kesulitan belajar, Cet. III, Bandung: Tarsito, 1990.
Hamalik, Oemar, Dr. Kurikulum dan Pembelajaran, Ed. I, Cet; Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Hasibuan, Drs. JJ. Dip.Ed, Drs. Moedjiono, Proses Belajar Mengajar, Cet. VII; Bandung: PT Remaja Rousdakarya,1999.
Hisbullah, H., & Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 100-113.
Ilham, D. (2019). Implementing Local Wisdom Values in Bride and Groom Course at KUA Bara SubDistrict, Palopo City. Jurnal Konsepsi, 8(1), 1-9.
Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98. Retrieved from https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/129
Mardalis, Drs. Metode Peneleitian suatu Pendekatan proposal, Cet II; Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Nawawi, Hadari. Organisasi Sekolah dan Pengeloaan kelas. Bandung: PT Al Ma’Arif, 1980.
Pirdat, Made. Pengelolaan Kelas,(Surabaya: Usaha Nasional), h. 12.
Rohani, Ahmad, Drs, HM, Drs. H. Abu Ahmadi, Pengelolaan Pengajaran, Cet.I; Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
Rustiyah Dra. N.K, Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem, Cet.III, Jakarta: PR Rineka Cipta, 1994.
Sadiman, Dr. Arief S. M. SC, dkk, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Ed.I Cet.IV; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996.
Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Ed.I, Cet. VIII; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2001.
Sahertian, Drs. Piet A. Dra. Ida Aleida Sahertian, Supervisi Pendidikan, Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta, 1995.
Sudjana, Nana. Dr. Metode Statistik, Bandung: Tarsito Bandung, 1992.
Sudjana, Nana. Dr. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Cet. V; Bandung: PT Sinar Baru Algensindo, 2000.
Surahmad, Winarno. Dasar dan Teknik Research, Ed.V; Bandung: Tarsito, 1977
Sutrisno. Metodologi Research, Cet. XXVII; Yogyakarta: Andi Offset, 1995.
Usman, Drs. Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya; 1995.
Usman, Moh. Uzer, Drs. Menjadi Guru Profesional, Cet.VI; Bandung: PT Remaja Rousdakarya, 1995.
Wahid, A. Gani. Pragmen-pragmen Pengelolaan Kelas, Ujungpandang: IKIP, 1990.
Wasito, Hermawan. Drs. Pengatar metodologi penelitian, Cet. IV; Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1997.
Yousda, Ine I Amirman, Drs. Penelitian dan Statistik Pendidikan, Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2020 MamaMama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.