Peranan Media Bermain bagi Perkembangan Aspek Psikomotorik Anak Usia Dini di TK Seatap Kampung Tangnga

Authors

  • Rahmiati Ukkas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
  • Hisban Thaha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
  • Rahmawati Rahmawati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Keywords:

Media Bermain, Perkembangan Aspek Psikomotorik

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan mengangkat pokok permasalahan ialah perkembangan aspek psikomotorik anak usia dini di TK Seatap Kampung Tangnga melalui media bermain, adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui perkembangan aspek psikomotorik yang terjadi bagi anak usia dini di TK Seatap Kampung Tangnga.  Dalam penelitian ini jumlah populasi yang ada sebanyak 102 orang anak, adapun teknik mengambil sampel berdasarkan purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, dengan metode berdasarkan teori Arikunto jika populasi lebih dari 100, maka penetapan jumlah sampel sebanyak 10-15% atau 20-25%, sehingga ditetapkan jumlah sampel sebanyak 20 anak. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dapat dinyatakan bahwa melalui berbagai media bermain yang didesain secara metodologi oleh guru dalam proses pembelajaran maka dapat meningkatkan motor skill anak atau perkembangan psikomotorik anak, karena melalui metode bermain, anak dapat lebih banyak berkreativitas sehingga dengan kebiasaan yang demikian akan melahirkan kemampuan secara khusus pada anak, utamanya melalui gerakan atau motorik anak. Dan hal tersebut terlihat secara jelas melalui hasil tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) saat penelitian berlangsung.

References

Abimanyu, Soli, dkk. Psikologi Pendidikan Materi Perkuliahan Program Diploma PGTK-PGSD, Makassar: UNM, 2000.

Ahmadi, Abu. Psikologi Umum. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta. 1998.

Asikin, Komaria, dkk. Metodologi Pengembangan Daya Pikir dan Daya Cipta. Cet. I; Makassar: UNM, 2001.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta, 1998.

Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar (Doctoral dissertation, PPS).

Chaplin, Dictionary of Psychology. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1997.

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya .Toha Putra Semarang, 1989.

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru Dalam Interaksi Edukatif. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta. 2000.

Fauzi, Ahmad. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia, 1999.

Firman, F., Mirnawati, M., Sukirman, S., & Aswar, N. . (2020). The Relationship Between Student Learning Types and Indonesian Language Learning Achievement in FTIK IAIN Palopo Students. Jurnal Konsepsi, 9(1), 1–12. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/24

Hamalik, Oemar. Belajar dan Mengajar. Cet. II; Bandung: Sinar Baru, 1992.

Hartati, Netty, dkk. Islam dan Psikologis, Ed.I. Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Hasan, Iqbal. Pokok-pokok Materi Statistik I. Ed. II. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Hasibuan, J.J. Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 1995.

Hisbullah, H., & Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 100-113.

Ilham, D. (2019). Implementing Local Wisdom Values in Bride and Groom Course at KUA Bara SubDistrict, Palopo City. Jurnal Konsepsi, 8(1), 1-9.

Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98. Retrieved from https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/129

Margono, Ahmad. Metodologi Penelitian. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Padmonedowo, Soemiati. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Pasiak, Taufik. Manajemen Kecerdasan. Cet. III; Bandung: Mizan. 2007.

Pidarta, Made. Landasan Kependidikan Stimulus Pendidikan Bercorak Islam. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Sobur, Alex. Psikologi Umum. Cet. I; Bandung: Pustaka Setia, 2003

Syah, Muhibbin ,Psikologi Pendidikan (Dengan Pendekatan Baru ). Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2007.

Yusmanto, Muh. Ismail. Menggagas Pendidikan Islami. Cet. I; Bogor: Al-Azhar Press. 2004.

Downloads

Date published articles:

2020-11-01

Cite on this Journal:

Ukkas, R. ., Thaha, H. ., & Rahmawati, R. (2020). Peranan Media Bermain bagi Perkembangan Aspek Psikomotorik Anak Usia Dini di TK Seatap Kampung Tangnga. Jurnal Konsepsi, 9(3), 140–151. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/55