Tantangan Guru dalam Pembelajaran Tematik pada Kelas Rendah di SDN 113 Karawak Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara
Keywords:
Hambatan Guru, pembelajaran tematik, kelas rendahAbstract
Penelitian ini membahas mengenai pembelajaran terpadu atau pembelajaran temati di SDN 113 Karawak kecamatan masamba kabupaten luwu utara. Adapun tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru kelas rendah dalam menerapkan pembelajaran tematik, (2) untuk mendeskripsikan faktor yang melatar belakangi kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik, (3) untuk mendeskripsikan solusi apa saja yang guru gunakan dalam mengatasi pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik kelas rendah di SDN 113 Karawak mengalami berbagai kendala, secara garis besar kendala tersebut yaitu pada saat menerapkan pembelajaran tematik dalam mengaitkan beberapa tema. Adapun faktor yang melatar belakangi kesulitan guru pada pembelajaran tematik salah satunya adalah kurangnya fasilitas alat pembelajaran dan media pembelajaran di SDN 113 Karawak. Untuk mengatasi kesulitan guru pada pembelajaran tematik adapun solusi yang diberikan oleh guru seperti penyusaian metode pembelajaran, sumber belajar, dukungan orang tua, dam evaluasi.
References
Ani Kadarwati and Ibadullah Malawi, Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi) 2017
Asbar, Rafinur Fauzan, and Ramdhan Witarsa, “Kajian Literatur Tentang Penerapan Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar‟, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3.2 (2020), 225–36
Asep Herry Hernawan, „Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Di Kelas Awal Sekolah Dasar‟, 1991
Daulay, Musnar Indra, and Henri Yanto Daulay, “Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah Dasar‟, 5.2011 (2021), 272– 80
Devi Mawarni Purba and Dewi Purnamasari, “Analisis Kesulitan Guru Pada Buku Tematik Terpadu Jsit Kelas 3 Sd Al-Fityan School Kota Medan Tahun Pelajaran 2020 / 2021‟, 2021, 148– 54.devi Mawarni Purba And Dewi Purnamasari, "Analisis Kesulitan Guru Pada Buku Tematik Terpadu Jsit Kelas 3 Sd Al-Fityan School Kota Medan Tahun Pelajaran 2029/2021", 2021, 148-54
Khairunnisa, and Adha Khairina. “Primary Education Journal (Pej).” Primary Education Journal (PEJ) 4, no. 2 (2020): 24–30. https://idr.uin-antasari.ac.id/15425/1/Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD.pdf.
Shindy Lestari and others, „Analisis Faktor Penghambat Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di SD / MI‟, 5.1 (2022), 11–17.
Rafinur Fauzan Asbar and Ramdhan Witarsa, “Kajian Literatur Tentang Penerapan Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar‟, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3.2 (2020), 225–36.