Pelaksnaan Metode Pembiasaan sebagai Strategi Pembentukan Karakter Religius pada Madrasah Tsanawiyah
Keywords:
metode pembiasaan, karakter religius, peserta didik, Madrasah TsanawiyahAbstract
Penelitian ini membahas pelaksanaan metode pembiasaan dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Datok Sulaiman Palopo. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pelaksanaan metode pembiasaan dalam membentuk karakter religius peserta didik; (2) mengetahui efektivitas pelaksanaan metode pembiasaan; dan (3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode pembiasaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan validitas data diperoleh melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode pembiasaan dilakukan melalui kegiatan ibadah rutin seperti shalat dhuha, membaca Al-Qur’an, doa sebelum dan sesudah belajar, serta pembiasaan budaya 3S (sapa, salam, dan santun). Kegiatan ini memiliki jadwal dan absensi khusus sebagai alat penilaian karakter. Metode pembiasaan dinilai efektif karena didukung oleh fasilitas memadai, keterlibatan aktif guru, siswa, dan orang tua, serta adanya koordinasi yang baik. Faktor pendukung utama meliputi kerja sama antara sekolah dan orang tua, sarana prasarana yang tersedia, serta kesadaran orang tua akan pentingnya pembentukan karakter. Sementara itu, faktor penghambat berasal dari aspek internal maupun eksternal peserta didik.
References
Abdiyantoro, R., Sari, N., Amrullah, A., & Fakhruddin, F. (2024). Pemahaman Guru pada Konsep Tarbiyah, Ta’lim, dan Ta’dib dalam Pembelajaran untuk Pembentukan Karakter. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(2), 11–20. https://doi.org/10.31004/ijim.v2i2.74
Addaeroby, M. F., & Febriani, E. (2024). Application Of Skinner’s Behaviorist Learning Theory In Learning Arabic Speaking Proficiency/ Penerapan Teori Belajar Behavioristik Skinner Dalam Pembelajaran Maharah Kalam. Jurnal Bahasa Arab, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.69988/mx5kzs45
Lickona, T. (2019). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar & Baik (2nd ed.). Nusamedia.
Lickona, T. (2021). Pendidikan Nilai dan Karakter: Seri Pendidikan Karakter (1st ed.). Nusamedia.
Lickona, T. (2022). Character Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya (1st ed.). Bumi Aksara.
Magdalena, I., Nurchayati, A., Suhirman, D. P., & Fathya, N. N. (2023). Implementasi Teori Pengembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. ANWARUL, 3(5), 960–969. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1431
Pulungan, N. H., & Hayati, N. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Hadis: JURNAL TILA ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ), 4(2), 528–538. https://doi.org/10.56874/tila.v4i2.2011
Sholeshi, V., & Muslimin. (2024). Karakteristik Jiwa Kanak-Kanak dan Penerapannya Dalam Pendidikan Menurut Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.58540/jurpendis.v2i3.826
Suryani, A., Mazani, T., & Murzal. (2024). Esensi dan Tujuan Pendidikan dalam Islam: Pendekatan Ta’lim, Tarbiyah, dan Ta’dib dalam Membentuk Insan Kamil. Journal of Scientific Studies and Multidisciplinary Research, 1(3), Article 3.
Syaifullah, M., Harun, U., Izzah, N., Munawar, E., Roji, F., & Arifin, Z. (2021). The Application Of Experiential Learning Model Perspective David A. Kolb To Improving Students Reading Skill l Tatbiq Namudz al-Ta’alum al-Tajribi ‘inda David A. Kolb li Tarqiyyah Maharah al-Qira’ah lada Talabah. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/albayan.v13i2.8424
Turohmah, F., Ni’mah, K., & Budiyono, A. (2024). Implementasi Pendidikan Agama Terhadap Karakter Religius Siswa di SMK Farmasi Majenang. Dirosat : Journal of Islamic Studies, 9(1), 49–58. https://doi.org/10.28944/dirosat.v9i1.1477
Zahra, A. A., & Fathoni, A. (2024). Peran Guru Sebagai Pendidik dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), Article 001 Des. https://doi.org/10.58230/27454312.1320