Peningkatan Hafalan Salat Melalui Metode Sosiodrama Berbantuan Media Papan Pintar

Authors

  • Muh. Agil Amin Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Fika Safira Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

hafalan sholat, metode sosiodrama, media papan pintar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hafalan salat siswa melalui penerapan metode pembelajaran sosiodrama berbantuan media papan pintar dalam program Sahabat Salat pada siswa kelas VII E SMPN 1 Wasuponda, Luwu Timur. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai hafalan salat siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes hafalan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan hafalan salat siswa setelah penerapan metode sosiodrama berbantuan media papan pintar. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 66,6 pada siklus I menjadi 80 pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa metode tersebut efektif dan dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dalam meningkatkan hafalan salat siswa.

References

Armansah, M., Nuraida, & Trisiah, A. (2025). Strategi Komunikasi Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Minat Siswa Melakukan Shalat Dhuha Di Mts Yayasan Ilham Jl. Supersemar, Palembang. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 9–9. https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1470

Aziz, M. A., & Sanwil, T. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme dan Aplikasi Nya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), Article 1.

Chasanah, M., & Ningsih, T. (2023). Pendidikan Humanis dalam Interaksi Edukatif dan Praktik Edukatif di MI Negeri 1 Banyumas. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 119–130.

Dadi, K. K., Djatmiko, W., & Muslim, S. (2025). Gagasan Peningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Sekarang dalam Perspektif Jacob Bronowski. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 25(1), Article 1. https://doi.org/10.34150/jpak.v25i1.831

Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207

Fashihullisan, J., Supardi, S., & Lubna, L. (2024). Era Digitalisasi: Kreativitas Pendidik Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Aqidah Akhlak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2006–2015. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2379

Misbah, W. A., & Mariyam, S. (2024). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VIII di SMP Alfa Sanah Cisauk. Ikhlas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 1(4), 38–47. https://doi.org/10.61132/ikhlas.v1i4.120

Noviana, I., & Mubarok, H. (2025). Character Education Through Civic Education Learning in Elementary Schools: A Theoretical and Empirical Literature Analysis. Journal of Humanities and Social Studies, 3(02), Article 02.

Nurjadid, E. F., Ruslan, R., & Nasaruddin, N. (2025). Analisis Implementasi Ideologi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Perkembangan Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1309

Putra, F. M., Barlian, K., & Idi, A. (2025). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Aspek-Aspek Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(2), Article 2. https://doi.org/10.61227/arji.v7i2.383

Putra, I. K. A. F. S., & Lestari, N. A. P. (2025). Penanaman Karakter Anak Sekolah Dasar Melalui Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. PROGRES PENDIDIKAN, 6(1), 59–67. https://doi.org/10.29303/prospek.v6i1.1184

Rohmah, S. (2025). Peningkatan Pemahaman Siswa terhadap Materi Thaharah melalui Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas IV MIS Nurul Falah Panyairan, Petir, Serang. JURNAL Studi Tindakan Edukatif ( JSTE ), 1(1), Article 1.

Sumianto, S., Admoko, A., & Dewi, R. S. I. (2024). Pembelajaran Sosial-Kognitif di Sekolah Dasar: Implementasi Teori Albert Bandura. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1015

Syifa, A., Nugraha, W., & Oktaviana, S. K. (2025). Peningkatan Kesadaran Anti Bullying melalui Peer Group Teknik Sosiodrama pada Siswa SMP. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.37478/abdika.v5i2.5175

Warini, S., Hidayat, Y. N., & Ilmi, D. (2023). Teori Belajar Sosial Dalam Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.181

Widiami, R., Arni, Y., Azzahra, N., & Feby, H. M. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Game Digital Wordwall dalam Pembelajaran IPAS Sub Tema: Kekayaan Hayati Flora dan Fauna Kelas 5 di SDN 89 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), Article 4. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.846

Downloads

Date published articles:

2025-05-17

Cite on this Journal:

Amin, M. A., & Safira, F. (2025). Peningkatan Hafalan Salat Melalui Metode Sosiodrama Berbantuan Media Papan Pintar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 14(1), 21–30. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/403