Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Model Pembelajaran PAKEM Kelas V SD Kayan Hilir

Authors

  • Martinus Laing Universitas Terbuka

Keywords:

minat baca, model pembelajaran, PAKEM, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa melalui penerapan model pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) di kelas V SD Kayan Hilir. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat baca siswa yang berdampak pada kurang optimalnya pemahaman terhadap materi pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Data diperoleh melalui teknik observasi, angket, dan dokumentasi dengan subjek sebanyak 15 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam minat baca siswa setelah penerapan model PAKEM. Pada siklus I, rata-rata persentase hasil observasi aktivitas siswa mencapai 65,11% dengan kategori "Tinggi", dan meningkat pada siklus II menjadi 87,77% dengan kategori "Sangat Tinggi". Skor angket minat baca siswa juga meningkat dari 3,52 (70,40%) pada siklus I menjadi 4,75 (95,00%) pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran PAKEM efektif dalam meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran yang berorientasi pada keterlibatan aktif dan motivasi belajar siswa di sekolah dasar.

References

Aqib, Z. (2022). Kupas Tuntas Strategi PAKEM Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif & Menyenangkan (1st ed.). Penerbit Andi.

Astiwi, W., & Siswanto, D. H. (2024). Pengembangan e-LKPD pada Materi Relasi dan Fungsi dengan Model PAKEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 3(03), Article 03. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v3i03.684

Aziz, A. M., Aswati, D., Agtyasha, G. S., Ramadhani, N. S., Nuwair, S. H., Ananda, T., & Marini, A. (2023). Penerapan Model PAIKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar (Studi Kepustakaan). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(12), Article 12.

Darmawati, D. (2024). Implementation of Lesson Plan with Zone Proxima Development at MI Alam Ali Thaibah Cibitung Bekasi. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i1.2178

Dewanti, R., Ardhyantama, V., & Qudsiyah, K. (2024). Menumbuhkan Self-Determination Perilaku Prososial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 183–195. https://doi.org/10.21137/jpp.2024.16.2.8

Harahap, S. M., & Lubis, M. S. (2023). Memahami Bacaan melalui Pendekatan Kontekstual (Inquiry) (1st ed.). Penerbit NEM.

Jayanti, L. S. S. W., & Wibawa, K. S. (2024). Menumbuhkan Minat Baca Melalui Pop Up Book (1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.

Nurtika, L. (2021). Strategi Meningkatkan Minat Baca Pada Masa Pandemi (1st ed.). Lutfi Gilang.

Palyanti, M. (2023). Media Pembelajaran Asik dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.51278/aj.v5i2.859

Purwanti, E. (2022). Pembelajaran Kontekstual Media Objek Langsung Dalam Menulis Puisi (1st ed.). Penerbit P4I.

Putri, S., & Dahlan, M. (2020). Penerapan Metode PAKEM Melalui Media Blog untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 10 Bone. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.59638/aijer.v3i1.141

Rahmi, I. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar PAI Dengan Menggunakan Metode Diskusi Di Kelas IV SD Negeri 11 Tanjung Gadang. EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(4), Article 4.

Rohinsa, M., Gunawan, G., & Kadiyono, A. L. (2021). Penerapan Self Determination Theory: Peran Dukungan Orangtua Terhadap Academic Buoyancy Siswa Menjalani Pembelajaran Jarak Jauh. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.33367/psi.v6i2.1806

Saputra, D. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Keimanan Siswa Terhadap Nabi Dan Rasul Allah di Kelas V III-1 SMPN 3 Lubuk Sikaping. EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(4), Article 4.

Sunarti, S. (2021). Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar (1st ed.). Penerbit NEM.

Yuliana, L., Pratiwi, D. E., Saputra, M. R. R., & Sari, M. N. (2024). Penerapan Media Manik – Manik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berhitung Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Gempol Kurung Menganti – Gresik. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.30651/else.v8i3.24314

Zulkarnaen, R., & Ruli, R. M. (2023). Efektivitas self-determination theory dalam perilaku pemecahan masalah matematis siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), 1547–1560. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17962

Date published articles:

2025-05-17

Cite on this Journal:

Laing, M. (2025). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Model Pembelajaran PAKEM Kelas V SD Kayan Hilir. Jurnal Pendidikan Refleksi, 14(1), 31–42. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/404