Pengembangan Instrumen Evaluasi Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Platform Educaplay pada Pembelajaran Fikih Kelas VIII B MTS Satu Atap Datok Sulaiman Palopo
Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, , Educaplay, FikihAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi kemampuan berpikir kritis berbasis platform Educaplay pada pembelajaran Fikih kelas VIII B MTs Satu Atap Datok Sulaiman Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini melibatkan 25 peserta didik dan satu orang pendidik sebagai subjek uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk evaluasi yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan yang tinggi. Berdasarkan hasil validasi oleh tiga validator ahli, diperoleh rata-rata persentase 82% dengan kategori sangat valid, sedangkan hasil uji kepraktisan mencapai 90,37% dari guru dan 90,75% dari peserta didik dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen evaluasi berbasis Educaplay tidak hanya efektif dan mudah digunakan, tetapi juga mampu meningkatkan partisipasi aktif serta kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Fikih. Dengan demikian, pengembangan instrumen evaluasi berbasis Educaplay dapat dijadikan alternatif inovatif dalam meningkatkan mutu penilaian dan pembelajaran berbasis teknologi di madrasah.
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi). Rineka Cipta.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. ASCD.
Cabero-Almenara, J., & Llorente-Cejudo, C. (2020). Digital Competence of Educators and Students with Digital Tools. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 16(3), 65–74.
Dick, W., & Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction (4th ed.). Harper Collins College Publishers.
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois.
Mansur, H. (2022). Digital Game-Based Learning in Religious Education. Journal of Educational Research, 5(2), 87–96.
Morrison, G. R., Ross, S. M., & Kemp, J. E. (2010). Designing Effective Instruction (6th ed.). Wiley.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.