Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Self Directed Learning Tema Sumber Energi di Madrasah Ibtidaiyah
Keywords:
Modul Pembelajaran, Self Directed Learning, Sumber EnergiAbstract
Penelitian ini membahas pengembangan modul pembelajaran berbasis Self Directed Learning untuk siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah (MI) 26 Batusitanduk. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kebutuhan modul, mengembangkan modul, menilai validitas, dan menguji kepraktisan modul pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian meliputi wawancara dengan guru dan angket kepada siswa. Modul pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator: ahli desain, ahli bahasa, dan ahli materi. Analisis data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa kelas III MI 26 Batusitanduk memerlukan modul pembelajaran berbasis Self Directed Learning. Modul yang dikembangkan berhasil divalidasi dengan hasil penilaian: ahli materi 87,5%, ahli bahasa 84,3%, dan ahli desain 92,5%. Secara keseluruhan, modul ini memperoleh nilai validitas sebesar 84,61%, yang dikategorikan sangat valid. Selain itu, angket kepraktisan yang diberikan kepada siswa menunjukkan nilai 92,85%, yang dikategorikan sangat praktis. Dengan demikian, modul pembelajaran berbasis Self Directed Learning ini sangat praktis digunakan dan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar secara mandiri.
References
Abidin, Z., Rumansyah, R., & Arizona, K. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1).
Aswar, N., & Iramaya, I. (2023). Revitalizing Learning Concentration: Exploring Ice-Breaking Techniques to Improve Reading Proficiency in Elementary School. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 1161-1174.
Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom sebagai pembelajaran berbasis online dalam mata kuliah sosiologi dan antropologi pada mahasiswa PPKN di STIP Kusumanegara Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2).
Damayanti, A. (2018). Pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Gambut. Banjarmasin: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.
Daryanto, & Cahyono, A. D. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, PHP, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Darmayanti, T. (2007). E-learning pada pendidikan jarak jauh: Konsep yang mengubah metode pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8(2).
Gerung, N. J. (2012). Conceptual learning and learning style. Journal Uniera, 1(1).
Hasbi, H., Nursaeni, N., Aswar, N., & Efendi, E. (2023). Harmony of Religious Tolerance: A Case Study of Minority Islamic Communities. Journal of Indonesian Islamic Studies, 3(1), 35-43.
Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huriah, T. (2018). Metode student sentence learning aplikasi pada pendidikan keperawatan. Jakarta: Prenada Media.
Ihsan, H. F. (2013). Dasar-dasar kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ikhwan, P. Y. Y., & Bhakti, C. P. (2021). Pengembangan modul pelatihan tentang self directed learning untuk peserta didik SMP. PROSIDING Seminar Nasional “Bimbingan dan Konseling Islami”.
Ildayanti, N., Aswar, N., & Baderiah, B. (2024). Efektivitas Model Induktif Kata Bergambar Terhadap Keterampilan Menulis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 310-326.
Islami, S., Yanto, D. T. P., & Candra, O. (2020). Validitas jobsheet instalasi perumahan berbasis proyek berbantuan e-learning di pendidikan vokasi. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 3(2), 175. https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1814
Kementerian Agama RI. (2020). Al-Qur’an terjemahan. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.
Krismayanti, Y. R., & Sudibyo, E. (2021). Efektivitas penggunaan modul IPA dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19 pada peserta didik kelas VIII MTsN 2 Kota Kediri. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 227-233.
Kurniawan, D., Suyatna, A., & Sauna, W. (2019). Pengembangan modul interaktif menggunakan learning content development system pada materi listrik dinamis.
Lestari, E. A. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis eksperimen IPA kelas V SD/MI. Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Mahendra, M. R. (2020). Youtube sebagai media pembelajaran. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/341251703_Youtube_sebagai_Media_Pembelajaran.
Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter menjawab tantangan krisis multidimensional (Cet. 2). Jakarta: Bumi Aksara.
Munawaroh, I. (2015). Virtual learning dalam pembelajaran jarak jauh. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1(2).
Munir. (2019). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Nasrudin, J. (2019). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Panca Terra Firma.
Nasution, S. (2013). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nugroho, Y. S., Suyitno, S., Daryanto, D., Achmad, F., Ningrum, L. E. C., & Rohman, M. (2019). Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah energi alternatif program studi pendidikan vokasional teknik elektro. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran).
Pageno, M., Aswar, N., & Baderiah, B. (2023). Analysis of Project Assignments on Cultural Arts Learning on Student Learning Independence. Journal of Indonesian Islamic Studies, 2(2), 74-84.
Pradika, Y. Y. I., & Bhakti, C. P. (2021). Pengembangan modul pelatihan tentang self directed learning untuk peserta didik SMP. PROSIDING Seminar Nasional “Bimbingan dan Konseling Islami”.
Ramadhan, A. A. (2021). Pengembangan modul elektronik berbasis model pembelajaran self directed learning pada mata pelajaran pengelasan. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 8(1), 91-100. DOI: 10.17977/um031v8i12021p091.
Ramadhan, D. S., et al. (2014). Pengembangan modul interaktif berbasis ICT materi pokok gelombang dengan pendekatan saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 2(3).
Ramli, M. (2015). Media pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadist. Ittihad Jurnal Kopertais XI Kalimantan, 13(23).
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian pengembangan model ADDIE dan R2D2: Teori dan praktek. Pasuruan: Lembaga Akademik dan Research Institute.
Sa’dullah, M. (2020). Pandemi Covid-19 dan implikasinya terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam (Studi kasus pada peserta didik SMP N 1 Banyubiru Kabupaten Semarang). Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai media literasi digital peserta didik. Varia Pendidikan, 31(1).
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian dan pengembangan research and development. Bandung: Alfabeta.
Waskito, K. L., Subandowo, M., & Rusmawati, R. D. (2020). Pengembangan modul hybrid termodinamika berbasis self directed learning (SDL) bagi pelaut. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1).
Wena, M. (2014). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer (Cet. 9). Jakarta: Bumi Aksara.
Wijayaningtyas, M., Achmadi, F., & Nainggolan, T. H. (2018). Persepsi generasi milenial terhadap green building di Malang.
Yusuf, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1). http://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode penelitian pengembangan (RND) dalam bimbingan dan konseling. Jurnal Pengembangan (RND) dalam Bimbingan dan Konseling, 5(3).
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2024 Nazwa Dwi Putri, Rosdiana Rosdiana, Nurul Aswar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.