Implikasi Pelaksanaan Supervisi dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone
Keywords:
kegiatan supervisi, profesionalisme guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pelaksanaan supervisi guru dalam peningkatan profesionalisme guru di Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone Tingkat Satuan Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Dalam menganalisis data dan menginterpretasikan serta mengolah data yang terkumpul, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan sejak awal dan selama proses penelitian berlangsung, dengan metode pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan supervisi guru di Kecamatan Tanete Riattang Timur Tingkat Satuan Madrasah Ibtidaiyah meliputi tiga tahap yaitu; tahap persiapan yang meliputi penyusunan program dan penyiapan instrumen, tahap pelaksanaan yang terdiri dari pelaksanaan secara langsung dan tidak langsung, dan yang terakhir tahap pelaporan hasil kegiatan supervisi. Pelaksanaan supervisi guru di Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone tingkat Satuan Madrasah Ibtidaiyah cukup memberikan implikasi yang sangat signifikan bagi peningkatan profesionalisme guru di sana.
References
Ahyani, H. (2018). Perjanjian kerja dosen tetap pada perguruan tinggi keagamaan swasta (PTKS) di Jawa Barat dihubungkan dengan pasal 75 ayat (2) Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen [Masters, UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. http://digilib.uinsgd.ac.id/15677/
Briliantari, R. A. (2019). Analisis Yuridis Sosiologis Bentuk Perlindungan Hukum Bagi Guru Ditinjau dari Pasal 39 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Studi Kasus di Wilayah Hukum Kabupaten Sidoarjo) [Undergraduate, University of Muhammadiyah Malang]. https://eprints.umm.ac.id/46519/
Faiqoh, D. (2019). Supervisi Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan, 7(1), 98–110. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.1938
Hasanah, S. M. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Pandemi Covid 19. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(3), 256–279.
Iqbal, A. N. U. (2019). Konsep dasar, Prinsip, dan Peranan Supervisi Pendidikan. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/ze95w
Jamin, H., Djailani, & Bahrun. (2015). Supervisi Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru pada MIN Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2), Article 2. http://e-repository.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2541
Kardawati, A., & Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik: Konsep dan Aplikasi (2nd ed.). Cv. Ae Media Grafika.
Lazwardi, D. (2016). Implementasi Supervisi Pendidikan di Sekolah/Madrasah. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24042/alidarah.v6i1.794
Mainuddin, M. (2020). Kompetensi Guru Menurut UU RI Nomor: 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 30–47. https://doi.org/10.35964/al-munawwarah.v12i2.4108
Mutya, D. (2020). Konsep Dasar, Prinsip, dan Peranan Supervisi Pendidikan. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/r9kac
Noverta, W. (2019). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Sekolah. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/7qby3
Octavia, S. A. (2019). Sikap Dan Kinerja Guru Profesional. Deepublish.
Prabowo, S., & Yoga, D. S. (2016). Supervisi Kunjungan Kelas Sebagai Upaya Membina Profesional Guru SLTP/SLTA. JURNAL SOSIAL HUMANIORA (JSH), 9(1), 96–113. https://doi.org/10.12962/j24433527.v9i1.1281
Purwanto, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Di SMP Negeri 9 Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(1), 286–296. https://doi.org/10.36312/jime.v5i1.693
Ridwan, I. (2019). Manajemen supervisi akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Al Misbah Cibiru Cipadung Kota Bandung [Diploma, UIN Sunana Gunung Djati Bandung]. http://digilib.uinsgd.ac.id/28637/
Rozi, S. (2019). Pendidikan Moderasi Islam KH. Asep Saifuddin Chalim; Mencegah Radikalisme Agama dan Mewujudkan Masyarakat Madani Indonesia. TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 8(1), 26–43. https://doi.org/10.36815/tarbiya.v8i1.343
Saifuddin, S. (2017). Profil dan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani di Era Otonomi Daerah. JESS (Journal of Education on Social Science), 1(1), 48–60. https://doi.org/10.24036/jess/vol1-iss1/12
Salaam, D. E. (2017). Implementasi Perlindungan Hukum Terhadap Guru dalam Rangka Menyelenggarakan Pendidikan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Studi deskriptif di lingkungan dinas pendidikan kabupaten karawang) [Other, FKIP Unpas]. http://fkip.unpas.ac.id/
Satrio, S. E. (2020). Pengaruh Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XII IIS MAN 3 Cianjur Tahun Ajaran 2020/2021) [Other, FKIP UNPAS]. https://doi.org/10/BAB%20V.pdf
Selasih, N. N. (2019). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di Era Globalisasi. GUNA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN HINDU, 4(2), 13–22. https://doi.org/10.25078/gw.v4i2.1054
Tanama, Y. J., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2231–2235. https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.8127