Pengembangan Media Video Animasi Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Adab Kepada Sesama Manusia di Kelas IX MTsN Kota Palopo

Authors

  • Shuci Aulya Frikas Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nurdin K Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Muh. Yamin Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Hera Nasruddin Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Alauddin Alauddin Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • M. Zuljalal Hamdany Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Animasi, Aplikasi Canva, Adab Kepada Sesama Manusia

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Adab Kepada Saudara, Teman dan Tetangga di Kelas IX MTsN Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi Canva. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN Kota Palopo tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan lembar angket validasi uji validitas dan lembar angket uji praktikalitas. Adapun teknik analisis datanya adalah teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini berdasarkan penilaian pada angket uji validasi ahli media memperoleh nilai 86,15% pada kategori “sangat valid”. Hasil uji validasi ahli materi/isi I dan II memperoleh nilai  93% pada kategori “sangat valid”. Berdasarkan hasil uji validasi keduanya memperoleh nilai rata-rata 91%. Adapun hasil uji praktikalitas oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak memperoleh nilai 95% pada kategori “sangat praktis” dan praktikalitas oleh siswa memperoleh nilai  92,5% pada kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil uji praktikalitas yang dilakukan keduanya memperoleh rata-ratanya 93% pada kategori “sangat praktis”. Sehingga media pembelajaran video berbasis aplikasi Canva pada materi adab kepada saudara, teman dan tetangga sangat valid dan praktis digunakan didalam pembelajaran.

References

Anwarningsih , S.H & Ernawati, S. (2013). Development of Interactive Media for ICT Learning at Elementary School Based on Student Self Learning. Journal of Education and Learning (Edualearn). 7(2), 121-128. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i2.226.

Ariantini, I. P. D., Sudtha, I. G. W., & Tegeh , I. M. (2019). Berbasis Microlearning pada Kelas III Sekolah Dasar Mutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019. EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. 7(1), 23-32. https://dx.doi.org/1o.23887/jeu.v7i1.19973.

Aufa Id’ha Veranda Putri, Dedi Kuswandi, & Susilaningsih. (2022). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi SisWA Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 3(4), 377-387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377.

Candra Dewi, N. M.. L, & Negara, I. A. G. O (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122-130. https://org/10.23887/jeu.v9i1.32501.

Doni Tri Putra Yanto. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. 19(1), 75-82.

Ghita Permata Puspita Sari & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar. Jurnal Basicedu. 5(4), 2385-2394 https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237.

Irsan, Andy Lely Nurmaya G, Adinda Pratiwi & R Fina. (2021). “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas. 2(6), 1257-1486. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498.

Kemendikbud, Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kriswanda Krishnapatria. (2029). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah basic Analysis Of Poetry Bermuatan Nilai-Nilai Moral di Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Pendidikan UNISKA. 7(1), 78-85. https://doi.org/10.35706/judika.v7i1.1812.

Kurniawan, Agung, & Tegeh. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Sepak Bola dengan Konsep Quantum Learning. Jurnal Edutech Undiksha. 5(2), 179-188.

Kurniawan., D. Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang sifat dan perubahan dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dan Teknologi Pembelajaran. 4(2), 119-125. https://doi.org//10.17977/um031v4i22018p119. s

Nurmalasari, F. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Sains Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Melati Prima Palembang. Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD. 6(2), 185-195. https://doi.org/10.36706/jtk.v6i2.10086.

Relies Agustien, Nurul Umamah & Sumarno. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Peskauman di Bondowoso dengan Model ADDIE Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi. 5(1), 19-23. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010.

Riono & Fauzi. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PAI-BP di SD Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Cakrawala Pendasr, 8(1), 117-127. https://doi.org/10.3194/jcp.v8i1.1921.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Downloads

Date published articles:

2024-02-01

Cite on this Journal:

Frikas, S. A., K, N. ., Yamin, M., Nasruddin, H., Alauddin, A., & Hamdany, M. Z. (2024). Pengembangan Media Video Animasi Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Adab Kepada Sesama Manusia di Kelas IX MTsN Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4), 275–286. Retrieved from https://www.p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/303