Relasi Tanggung Jawab Guru dalam Pembinaan Kepribadian Siswa di Sekolah Dasar Negeri
Keywords:
relasi, tanggung jawab, kepribadianAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang sejauhmana relasi tanggunga jawab guru dalam pembinaan keperibadian siswa di sekolah dasar dengan memaksimalkan peran guru sebagai motivator, pembimbing, fasilitator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membentuk keperibadian siswa sekolah dasar, mengetahui bagaimana gambaran kepribadian siswa sekolah dasar, mengetahui hambatan dan upaya guru dalam membina keperibadian siswa sekolah adasar. Tempat penelitian dilakukan di SD Negeri 3 Kasimpureng Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif (descriptive-qualitative). Pengambilan data penelitian ini menggunakan metode library research (kajian pustaka) dan field research (kajian lapangan). Hhasil penelitian ini, didapatkan bahwa: 1) Peran guru dalam pemebntukan keperibadian siswa sangat erat kaitannya dengan peran guru yang diembannya. Dalam pengemabannya guru berfunsi sebagai pendidik, pengajar, sekaligus fasilitator, 2) gamabaran keperibadian siswa masih dalam kategori masih baik semua, 3) upaya guru yang dilakukan menerapkan pendidikan Islam dalam meningkatkan keperibadian Islam, yakni dengan mengajarkan ajaran Islam dengan mauidzah (nasehat), memuji, membacakan kisah-kisah pejuang muslim.
References
A.M. Sardiman., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Cet. IX; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
Abustam. Muhammad Idrus dkk, Pedoman Praktis Penelitian dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah, (Cet. 1; Makassar, 1996.
Al-Naisabury. Imam Ibn Husain Muslim bin Hajjaj Ibn Muslim al-Qusyairi al-, al-Jdmi Sahih, Juz VI. Bairut: Dar al-Ma'drif, t.th.
Al-Syaibani. Umar Muhammad al-Taumiy, Falsafat al-Tarbiyat al-Islamiyah, diterjemahkan oleh Hasan Langgulung dengan judul Falsafah Pendidikan Islam, Cet. I; Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Aqib. Zainal, Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran, (Cet.1; Surabaya; Insan Cendekia, 2002..
Arikunto. Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Cet. XII; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Bimo. Walgito., Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Ed. I. Yogyakarta : Andi, 2004.
Budiman. M. Nasir, Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an, Cet.I; Jakarta Madani Press, 2001.
Dimyati, Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Cet. III ; Jakarta : PT Asdi Mahasatya, 2002.
Djamarah. Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, (Cet I;Jakarta: RinekaCipta, 2000.
Dryeden. Gordon dan Jeannette Vos, The Learning Revolution : to Change the Way the World Learns, Ter . Ahmad Baiquni dengan judul Revolusi Cara Belajar Belajar Akan Efektif kalau Andn dalam Keadaan Fun, Bagian II (Cet. I Bandung : Kaifa, 2000), h. 299-301.
Hadi. Sutrisno, Metodologi Research Jilid III, (Yogyakarta: Fal. Psikologi UGM, 1993.
Ibrahim R. dan Nana Syaodih S, Perencanaan Pengajaran, Cet. II ; Jakarta : PT Asdi Mahasatya, 2003.
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
N.K. Roestiyah. Masalah Pengajaran: Sebagai Suatu Sistem, Cet. III; Jakarta: PT Rineka Cipta. 1994.
Nasution. Amir Taat, Kamus Kata dan Politik, (Media: Andalas, 1950.
Nasution. S., Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Cet. VII Jakarta : PT Bumi Aksara, 2000.
Nasution. S., Teknologi Pendidikan, Ed. I .Cet. III ; Jakarta : Bumi Aksara, 2005. Nazis. tA&. Wtode pene(i6an, I&wkw. Gtauk-& MR'.
Suryabrata. Sumadi, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Rakc Press, 1984.
Suryosubroto. B.. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Cet. I; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1997.
Syam. Mohammad Nur, Filsafat Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1986.
Tirharahardja. Umar dan La Sula, Pengantar Pendidikan, Cet. 11; Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Tiro. Muhammad Arif, Dasar-dasar Statistika, Makassar: State University Press, 2000.
Usman. Muh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Cet. X Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 1999.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.