Guru Profesional dalam Perspektif Al-Ghazali

(Studi Analisis Kitab Ayyuha al-Walad)

Authors

  • Nurdin K. Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Guru, Pendidikan, Al Ghazali

Abstract

Pandangan al-Ghazali terhadap pendidikan dapat dilihat dari pandangan mengenai tentang ilmu pengetahuan. Kurikulum pendidikan yang disusun al-ghazali sesuai pandanganya mengenai tujuan pendidikan yakni mendekatkan diri kkepada Allah yang merupakan tolak ukur manusia. Untuk menuju kesana diperlukan ilmu pengetahuan. Mengurai  pendidikan menurut al-ghazali, ada dua hal yang menarik bagi kita. Pertama, pengklasifikasian terhadap ilmu pengetahuan yang sangat terperinci yang segala aspek yang terkait denganya. Kedua, pemikiran tentang manusia dengan segala potensi yang dibawanya sejak lahir. Semua manusia esensinya sama. Ia sudah kenal betul dengan pencipta sehingga selalu mendekat padanya dan itu tidak akan berubah.  Al-ghazali mengklasifikasikan manusia adalah pribadi yang satu yang tidak dapat disamakan dengan pribadi yang lain. Tingkat pemahaman, daya tangkap, dan daya ingatnya terhadap ilmu pengetahuan, kemampuan menjalankan tugas hidupnya berbeda antara orang yang satu dengan yang lain.

References

Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu pendekatan Teoritis dan Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Drajat, Zakiah. 1996. Peran Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.

Jawwad, Muhammad Ridla. Tanpa tahun. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam. Terjemahan oleh Mahmud Arif. 2002. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Moeloeng, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, Hasyimsyah. 1999. Filsafat Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nata, Abuddin. 2003. Pemikiran para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nata, Abuddin. 2004. Sejarah Pendidikan Islam pada Periode Klasik dan Pertengahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Intregatif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS.

Tafsir, Ahmad. 1992. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Taufiq, Mohamad. Software Quran in Word versi 1.3

Tim penyusun kamus pusat bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Uzer, Moh Usman. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yulis, Rama dan Samsul Nizar. 2009. Filsafat Pendidikan Islam Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.

Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi penelitian social dan pendidikan. Jakarta: bumi aksara.

Downloads

Date published articles:

2018-11-04

Cite on this Journal:

K., N. (2018). Guru Profesional dalam Perspektif Al-Ghazali : (Studi Analisis Kitab Ayyuha al-Walad). Jurnal Konsepsi, 7(3), 102–108. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/149