Pemanfaatan Alam Sekitar sebagai Sumber Belajar IPA dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Magar Paggeso Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Lingkungan, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pembelajaran IPA pada kelas V di SDN Inpres 303 Limbong Deata Tana Toraja. Selain itu, penelitian ini bertujuan pula untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa dalam mata pelajaran pada kelas V di SDN Inpres 303 Limbong Deata Tana Toraja. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang dilakukan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran dengan peneliti). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Pembelajaran IPA pada kelas V di SDN Inpres 303 Limbong Deata Tana Toraja menggunakan metode tradisional yang membuat siswa merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran yang ada terutama pada pelajaran IPA. 2. Pembelajaran di luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar sangat baik diterapkan di DN Inpres 303 Limbong Deata Tana Toraja. Hal ini dapat mengurangi kejenuhan siswa serta menghasilkan proses belajar mengajar yang baik  karena keberanian dan kemampuan berpikir secara aktif, selain itu contoh kasus pada materi dapat dilihat secara langsung oleh siswa.

References

Arikunto. Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar. Cet.V; Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Ali. Muhammad, Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Cet.10; Bandung: Sinar Baru Al-Ginsindo, 2000.

Aqib. Zainal, dkk, Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD,SMP. Bandung: Yrama Widya, 2008.

Departemen Agama RI, Al- Qur'an dan Terjemahnya. Semarang: Toha Putera, 2008.

Departemen pendiddikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Djamarah. Syaiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Fabella. Armand T., Anda Sanggup Mangatasi Stres. Cet. VII; Bandung: Ofset, 2008.

Hakim. Thursen, Belajar Secra Efektif. Cet. IV; Jakarta: Puspa Swara, 2004 .

Maryanto. Sigit, Sukses dan Prestasi. Jakarta: Mitra Utama, 2010.

Mc Cutcheon. Randall, Ide-Ide Cerdas Untuk yang Bosan, Frustasi dan di Sekolah. Cet.II; Bandung : Kaifa, 2010.

M- Asnawir. Usman,. Media Pembelajaran. Jakarta, Ciputat Pers, 2002.

Nuh. Sayyid Muhammad, Penyebab Gagalnya Dakwah. Cet.IX; Jakarta: Gema Insani Press, 2010.

Al-Qawiy. Abu Abdirrahman, Mengatasi Kejenuhan. Cet.1; Jakarta: khalifa, 2004.

Sanjaya. Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2010.

Syah. Muhibbin, Psikologi Belajar. Cet. V; Jakarta : Logos Wacana Ilmu 2007.

Solihat. Rizki Amelia, Sikap Guru Terhadap Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Bojonggede Bogor. Skrips Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta 2004.

Sudiana. Nana, Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005.

Sukmadinata. Nana Syaodih, Pendekatan Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.

Sudjana. Nana, Ahmad Rivai.2001 .Media Pengajaran; Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Sinar Baru Bandung, 2001.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2007.

Syukur NC. Fatah, Teknologi Pendidikan. Cet. I; Semarang: RaSAIL, 2004.

Syah. Muhibbin, Psikologi Belajar. Cet. V; Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 2011.

Usman. Eka Dianti, "Murid Sulit Belajar", htp//www.depdikbud.co.id.

Wiriaatmadja. Rochiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Wahidmurni, Penelitian Tindakan Kelas dari Teori Menuju Praktik. Malang: UM Press, 2008.

Downloads

Date published articles:

2018-11-04

Cite on this Journal:

Paggeso, M. . (2018). Pemanfaatan Alam Sekitar sebagai Sumber Belajar IPA dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 7(3), 109–124. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/150