Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta Didik Perspektif Pendidikan Islam di MTs. Olang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu

Authors

  • Siti Aisyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Keywords:

Teknologi, Informasi, Komunikasi, Akhlak

Abstract

Pokok permasalahan skripi ini adalah: 1) dampak media internet terhadap pembentukan akhlak peserta didik perspektif pendidikan Islam di MTs. Olang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu 2) hambatan guru dalam membina akhlak peserta didik dampak internet di MTs. Olang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu serta bagaimana mengatasinya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berbentuk deskriptif kualitatif yang menganalisis data secara mendalam tidak berdasarkan angka. Adapun hasil penelitian yakni: 1. Penyalahgunaan media internet sangat berpengaruh terhadap pembentukan akhlak peserta didik perspektif pendidikan Islam di MTs. Olang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. Media intenet yang dimaksud diantaranya: a. Facebook, b. Situs yang mengandung Unsur fornografi, 2. Hambatan Guru dalam Membina Akhlak Peserta Didik Dampak Internet di MTs. Olang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu Serta Cara Mengatasinya: a. Hambatan meliputi: faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari: kurangnya dana dalam pengadaan wifi/internet sekolah, kurannya ”mode” guru sebagai teladan, dan kurangnya buku-buku penunjang dalam peningkatan akhlak. Sedangkan faktor eksternal meliputi: Lingkungan yang kurang kondusif dalam memantapkan pembinaan secara sempurna, dukungan masyarakat sangat kurang terutama yang ada di sekitar lokasi MTs. Olang. b. Cara Mengatasi; Mengadakan kerjasama dengan pihak lain yang tidak terikat dengan bantuannya disamping mengupayakan bantuan kepada pemerintah, Perlunya Kreaktif dari Kepala Sekolah dan Guru, Pemberian Tauladan dan  Penanamaan Nilai Kebaikan, Pembentukan Kultur Sekolah yang Berakhlak. Saran dari penulis, yakni: 1. Hendaknya para guru lebih meningkatkan pembinaan akhlak peserta didik dan mengupayakan alternatif  jitu dalam rangka membina peserta didik yang kecanduan media internet. 2. Kepada para orang tua agar kiranya lebih mengawasi anak-anaknya jika kembali dari sekolah dan meningkatkan kekerabatan serta membuat sibuk anak-anak agar tidak terpengaruh untuk mengunjungi warnet yang dapat merusak akhlak anak.

References

Alfian, E., Kaso, N., Raupu, S., & Arifanti, D. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 54-64.

Al-Hijazy. Hasan bin Ali, Manhaj Tarbiuyah Ibnu Qayyim. Cet. I; Jakarta : Pustaka Al-Kautsar, 2001.

Al-Jumbulati. Ali, Perbandingan Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

Arikunto. Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Cet. X; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Al-Khufi. Ahmad Muhammad, Bercermin Pada Akhlak Nabi saw. Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah, 2002.

Al-Qardhawi. Yusuf, Islam dan Komunikasi Dunia. Cet. I, Pustaka al-Kautsar, 2000.

Al Qarni, W., Rosdiana, R., Mirnawati, M., & Nurdin, K. (2021). The Validity of Indonesian Language Teaching Materials through Audio-Based Islamic Stories in Integrated Islamic Primary Schools. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(2), 71-78.

Ali. Mohammad, Strategi Penelitian Pendidikan. Cet. X; Bandung : Angkasa, 1993.

Bahreisj. Husein, Ajaran-ajaran Akhlak Imam Ghazali. Surabaya, Al-Ikhlas, 1981.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. III ; Jakarta : Balai Pustaka, 1994.

Efendi, E., Nurdin, K., & Baderiah, B. (2020). Humanist Education: Its Implementation on Scavengers Children’s at TPA Mancani Palopo City. International Journal of Asian Education, 1(3), 155-168.

Fatmawati, F., Hasbi, H., & Nurdin, K. (2020). Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 369-383.

Hadi. Sutrisno, Metodologi Research. Cet. XXIII; Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fak. Psikologi UGM. 1990.

Hawari. Dadang, Psikiater, Gerakan Nasional Anti MO-LIMO (Madat, Minum, Main, Maling, dan Madon. Cet. I; Yogyakarta: Dana Bakti Prima Yasa, 2000.

Ghazali. M. Bahri, Da’wah Komunikatif. Cet. I, Jakarta; Pedoman Ilmu Jaya, 1997.

Jundi. Anwar, Islam dan Duni Kontemporer. Cet. I; Jakarta: Gema Insani Press, 1987.

Khair. Muhammad Yusuf, Peranan Media Informasi Islam Dalam Pengembangan Ummat. Cet. I ; Pustaka Al-Kautsar, 1994.

Lubis. M. Solly. Umat Islam Dalam Komunikasi. Cet. I ; Jakarta : Gema Insani Press, 1997.

Malik bin Anas, al-Muwaththa. Cet. I; Mesir: Dar al-Bayan, t.th.

Masyari. Anwar, Membentuk Pribadi Muslim. Cet. III; Bandung: PT. Al-Maarif, 1991.

Mardalis, Metode Penelitian, Suatu Pendekatan Proposal. Cet. III; Jakarta : Bumi Aksara, 1993.

Nurdin, K., Muh, H. S., & Muhammad, M. H. (2019). The implementation of inquiry-discovery learning. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(1).

Poerbawakatja. Soegarda, Ensiklopedia Pendidikan. Cet. II; Jakarta: Gunung Agung, 1995.

Rahmat. Jalaluddin, Psikologi Komunikasi. Edisi I, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1985.

Syaltut. Syekh Mahmud, Akidah Dan Syari’ah Islam. Cet. I, Penerbit: Bina Aksara, 1985.

Suaeb. Musa, Urgensi Keimanan Dalam Abad Komunikasi. Cet. I ; Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya, 1996.

Syafi’i. Jalaluddin Abdurrahman Assuyuthi, Tanwiirul Hawalik Syarhi Ala Muwatta’ Malik. Juz III. Mesir : Tab’ah Mutabi’ Daarul Hayail Kutubil Arabiyah, t.th.

Said. Mahmud Ra’fat, Rasulullah SAW. Profil Seorang Pendidik (Methodologi Pendidikan Dan Pengajarannya). Cet. I ; Firdaus : Jakarta, 1994

Razak. Nasaruddin, Dienul Islam. Cet. II Bandung : Al-Maarif. 1993.

Rifuddin, B., Ilham, D., & Nurdin, K. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education (IJAE) by READ Institute, 1(2), 81-94.

Sujana, Metodik Statistik Cet. V ; Bandung : PN. Tarsito, 1993.

Sumanto¸ Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Cet. I; Yogyakarta: Andi Offset, 1995.

Sujono. Anas, Statistik Pendidikan. Cet. VI; Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1995.

Yakan. Muna Haddad, Hati-hati Terhadap Media Yang Merusak Anak. Cet VII; Jakarta: Gema Insani Press, 1998.

Ya’qub. Hamzah, Etika Islam Pembinaan Akhlakul Karimah (suatu Pengantar). Cet. II; Bandung; Diponegoro, 1983.

Downloads

Date published articles:

2019-08-01

Cite on this Journal:

Aisyah, S. (2019). Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta Didik Perspektif Pendidikan Islam di MTs. Olang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. Jurnal Konsepsi, 8(2), 45–54. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/18