Pengaruh Penggunaan Strategi Concept Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Muh. Rias Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Muhammad Rapi Tang Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Anin Asnidar Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

Keywords:

Peta Konsep, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi peta konsep (concept mapping) dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI di SMAN 15 Gowa Kabupaten Gowa. Masalah yang dikaji adalah apakah berpengaruh terhadap penggunaan strategi peta konsep (concept mapping) dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI SMAN 15 Gowa Kabupaten Gowa. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Experimental Design atau sering disebut dengan eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas siswa SMAN 15 Gowa Kabupaten Gowa. Sampel penelitian ini adalah terdiri dari dua kelas yakni 20 orang kelas XI MIPA-1  dan 20 Orang kelas XI MIPA-2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial, dan uji hipotesis.  Hasil penelitian eksperimen dengan menerapkan metode peta konsep dengan tujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMan 15 Gowa dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di SMAN 15 Gowa. Hal ini berdasarkan Uji Independen Sample t-test pada nilai Sig = 0,05 dimana t-hitung > t-tabel. Maka terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

References

Ausubel, D,P. 1969. School Learning An Introduction To EducationalPsychology. New York Holt: Richart And Winston Inc.

Awofala,A.O.D.2011.Effect Of Concept Mapping Strategy On Student Achievement in Junior Secondary School Mathematic International Journal of Mathematic Trends and Tecnhologi 2:11-16.

Buzan, Tony. 2011. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Haris. 2005. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Pressindo.

Isjoni. 2007. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandar, wassid dan Sunandar Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Magno, Carlo. (2011). The Predictive Validity of the Academic Self-Regulated Learning Scale. The International Journal of Education and Psychological Assesment.

Nasution, M.Sc,. 2007.Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nawari. 2010.Metodologi Penelitian.Yogyakarta:Samudra Biru

Sugiyono, 2012. Kombinasi Metode Penelitian. Bandung:Alfabeta CV

Wulandari. 2011. Penggunaan Metode CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan PPKN Siswa Kelas IV SDN 5 Metro Pusat. Metro:STAIN Jurai Siwai Maro.

Downloads

Date published articles:

2022-08-21

Cite on this Journal:

Rias, M. ., Tang, M. R. ., & Asnidar, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Strategi Concept Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Konsepsi, 11(2), 304–313. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/203