Pengaruh Penggunaan Strategi Concept Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Atas
Keywords:
Peta Konsep, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi peta konsep (concept mapping) dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI di SMAN 15 Gowa Kabupaten Gowa. Masalah yang dikaji adalah apakah berpengaruh terhadap penggunaan strategi peta konsep (concept mapping) dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI SMAN 15 Gowa Kabupaten Gowa. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Experimental Design atau sering disebut dengan eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas siswa SMAN 15 Gowa Kabupaten Gowa. Sampel penelitian ini adalah terdiri dari dua kelas yakni 20 orang kelas XI MIPA-1 dan 20 Orang kelas XI MIPA-2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial, dan uji hipotesis. Hasil penelitian eksperimen dengan menerapkan metode peta konsep dengan tujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMan 15 Gowa dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di SMAN 15 Gowa. Hal ini berdasarkan Uji Independen Sample t-test pada nilai Sig = 0,05 dimana t-hitung > t-tabel. Maka terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
References
Ausubel, D,P. 1969. School Learning An Introduction To EducationalPsychology. New York Holt: Richart And Winston Inc.
Awofala,A.O.D.2011.Effect Of Concept Mapping Strategy On Student Achievement in Junior Secondary School Mathematic International Journal of Mathematic Trends and Tecnhologi 2:11-16.
Buzan, Tony. 2011. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Haris. 2005. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Pressindo.
Isjoni. 2007. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iskandar, wassid dan Sunandar Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Magno, Carlo. (2011). The Predictive Validity of the Academic Self-Regulated Learning Scale. The International Journal of Education and Psychological Assesment.
Nasution, M.Sc,. 2007.Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nawari. 2010.Metodologi Penelitian.Yogyakarta:Samudra Biru
Sugiyono, 2012. Kombinasi Metode Penelitian. Bandung:Alfabeta CV
Wulandari. 2011. Penggunaan Metode CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan PPKN Siswa Kelas IV SDN 5 Metro Pusat. Metro:STAIN Jurai Siwai Maro.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.