Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penerapan Metode Suku Kata (Syllabic Method)

Authors

  • Sulfiana Sulfiana Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Sulfasyah Sulfasyah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Anin Asnidar Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

Keywords:

membaca permulaan, metode suku kata, syllabic method

Abstract

Masalah utama penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan metode suku kata (syllabic method) pada siswa kelas I (A) UPT SPF SD Negeri Kalukuang II Kecamatan Tallo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan metode suku kata (syllabic method) pada siswa kelas I (A) UPT SPF SD Negeri Kalukuang II Kecamatan Tallo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas 1 A UPT SPF SD Negeri Kalukuang II kecamatan Tallo sebanyak 32 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I belum tuntas secara individual dari 32 siswa hanya 21 siswa tuntas dengan nilai dengan nilai rata-rata 60,22 belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori rendah namun siklus I ini belum memenuhi kriteria ketuntasan sedangkan secara ketuntasan klasikal yang harus dicapai 80%. Pada siklus II dari 32 siswa ada 30 siswa tuntas telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu rata-rata nilai yang diperoleh 94,97 berada pada kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan melalui penerapan metode suku kata (syllabic method) siswa kelas I (A) UPT SPF SD Negeri Kalukuang II kecamatan Tallo mengalami peningkatan

References

Alfiah, F., & Umar, S. (2018). Pengembangan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata. Joyful Learning Journal, 7(1), 1–9.

Apriani, C., & Kasiyati, T. (2013). Efektifitas Metode Kupas Rangkai Suku Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Kesulitan Membaca (Single Subject Research Kelas Ii Di Sdn 09 Pauh Padang). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus,2(3).

Basuki, B. (2019). Pengembangan Metode Pembelajaran Membaca dengan Pelabelan Objek Sekitar (POS) untuk Murid taman Kanak-Kanak. deepublish publisher.

Furoidah, R. R. F., & Rohinah. (2019). Implementasi Metode Suku Kata (Syllabic Method) dalam Pembiasaan Membaca Awal Anak Usia Dini di Kelompok B1 TK IT Salsabila Al- Muthi’ in Banguntapan. Pendidikan

Hairuddin. (2007). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depertemen Pendidikan Nasional.

Havisa, S., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 23–31.

Muhyidin, A. (2017). pembelajaran membaca dan menulis permulaan bahasa indonesia di kelas awal. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15.

Mustikawati, R. (2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Pada Siswa Kelas I SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta Tahun 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 2(1), 41–56.

Yuliana. (2009). Analisis pelaksanaan bermain suku kata dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. 1–12.

Downloads

Date published articles:

2023-05-31

Cite on this Journal:

Sulfiana, S., Sulfasyah, S., & Asnidar, A. . (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penerapan Metode Suku Kata (Syllabic Method) . Jurnal Konsepsi, 12(1), 54–61. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/260