Penggunaan Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar
Keywords:
Metode SAS, keterampilan membaca permulaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan metode SAS dan meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan metode SAS (Struktur Analisis Sintetik). Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data awal yaitu dengan lembar observasi pertemuan 1 dan 2 pada siklus I dan siklus II. Nilai tes keterampilan membaca permulaan peserta didik dan nilai hasil tes keterampilan membaca permulaan peserta didik yang dilaksanakan pada akhir atau pertemuan ketiga siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan metode SAS pada peserta didik telah menunjukkan peningkatan keterampilan membaca permulaan peserta didik siklus I, siklus II, data awal persentase ketuntasan klasikal sebesar 36,33% atau 8 peserta didik dari 22 peserta didik, 59,09% atau 13 peserta didik yang tuntas dari 22 peserta didik dan nilai rata-rata 65,72 kemudian pada siklus II ketuntasan belajar klasikal mencapai 81,81% atau 18 peserta didik yang tuntas dari 22 peserta didik dengan nilai rata-rata 74,50. Hal ini menunjukkan dari siklus I dan siklus II rata-rata keterampilan membaca peserta didik mengalami peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SAS dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar.
References
Al-Muwattho, F. P., Aminuyati, & Okiana. (2018). Pengaruh Pemberian Apersepsi terhadap Kesiapan Belajar Siswa pada elajaran Akuntansi Kelas XI SMA Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2), 1–10.
Ayu Krisma Nursuci, H. U. K. (2022). Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 1683–1688.
Firman, F., Mirnawati, M., Hisbullah, H., Usman, U., Ramadhana, M. A., & Harianto, E. (2021). How to Apply the Numbered Head Together Learning Model to Improve Indonesian Learning Outcomes of Middle School Students. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 59–70. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.30
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2016). Metode Membaca Sas (Struktural Analitik Sintetik)Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaandi Kelas I Sdn 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3705
Linggasari, E., & Rochaendi, E. (2022). Indonesian Language Learning in Elementary Schools Through Life Skills Education Model. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 13(1), Article 1. https://doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).40-62
Lisnawati, L., & Muthmainah, M. (2018). Efektivitas Metode Sas (Struktur Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner) Di Sdn Demangan. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 81. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i1.1468
Lubis, W. (2018). Pengembangan Metode SAS dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. Jurnal Ar-Raniry, c, 96–108.
Marlena, F. (2019). Penggunaan Metode SAS (Struktur Analisis Sintetik) dengan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SDN 100 Seluma. IAIN Bengkulu.
Pammu, K. (2021). Perbandingan Penggunaan Media Gambar dan Kartu Kata Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Kelas II Kabupaten Barru. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 89–100.
Qarimah, N. N., Syamsuri, A. S., & Akhir, M. (2022). Perbandingan Metode Montessori dan Metode SAS Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDIT Raffasya Baitul Makmur. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6028
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (CIRC). Jurnal Basicedu, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Widya, I. K., Efendi, & Barasandji, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di Kelas I SD Inpres Gunung Sari. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(5), 131–138.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.