Transformasi Budaya Literasi di SMA Muhammadiyah Palopo: Pendekatan dan Strategi Manajemen yang Efektif
Keywords:
Manajemen Strategi, Budaya LiterasiAbstract
Penelitian ini membahas tentang manajemen strategi dalam pengembangan budaya literasi di SMA Muhammadiyah Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi budaya literasi di SMA Muhammadiyah Palopo dan untuk mengetahui proses manajemen strategi dalam pengembangan budaya literasi di SMA Muhammadiyah Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah Palopo dan waktu pelaksanaan penelitian tahun ajaran 2023. Subjek penelitian yaitu: kepala sekolah, guru, pustakawan, dan siswa. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dokumen atau foto. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kondisi budaya literasi di SMA Muhammadiyah Palopo yaitu telah diadakannya gerakan literasi sekolah mengikuti permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti: (a) Literasi Membaca Ayat Suci Al-Quran; (b) Literasi Baca Tulis; dan (c) Literasi Informasi. (2) Proses manajemen strategi ini terdiri dari langkah-langkah yang harus dilalui untuk mencapai tujuan yang diharapkan: (a) Formulasi Strategi, kepala sekolah mengarahkan tenaga pendidik dalam melaksanakan GLS dengan mewajibkan setiap guru harus mengadakan literasi terlebih dahulu selama 5 menit; (b) Implementasi Strategi, sesuai dengan arahan kepala sekolah maka telah diterapkan GLS dan juga terdapat kolaborasi antara tenaga pendidik dan staf perpustakaan, dimana bagian perpustakaan menyediakan media pembelajaran; dan (c) Evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir semester dan perubahan yang terjadi yaitu para peserta didik yang dari awalnya kurang mampu menjadi mampu membaca Al-Quran dan semakin disiplin dalam hal proses pembelajaran, serta meningkatnya minat baca.
References
Abidin, Yunus, dkk. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Afifah, Nur, “Budaya Literasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa di Taman Baca Madani Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi”, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN STS Jambi, 2021.
Aimmah, Diannatul, “Manajemen Program Literasi dalam Praktik Pembudayaan Membaca di MTs. Nurul Huda Sedati Sidoarjo”, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2017.
Antoro, Billy, Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi, Jakarta: Direktoral Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Arsidi, Pengembangan Kegemaran Membaca Di Perpustakaan Sekolah Melalui Pembinaan Komunitas Cinta Membaca Untuk Mewujudkan Generasi Yang Literate, Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, Vol. 2 No. 2.
Ayu Puspita, Galuh, dan Irwansyah, “Pergeseran Budaya Baca dan Perkembangan Industri Penerbitan Buku di Indonesia: Studi Kasus Pembaca E-Book Melalui Aplikasi Ipusnas”, Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi Volume 2 Nomor 1, 2018.
Darma, Satria, Transformasi Surabaya sebagai Kota Literasi, Surabaya: Unesa University Pres, 2016.
David, Fred R. dan David, Forest R., Manajemen Strategik : Suatu Pendekatan Keuangan Bersaing, Terjemahan: Novita Puspasari, Liza Nurbani Puspitasari, Jakarta: Salemba Empat, 2016.
E. Tompkins, Gail dan Kenneth Hoskisson, Language Arts: Content and Teaching Strategies, New York: Max Well Macmillan International Publishing Group, 1991.
Endraswaras, Suwardi, Literasi Sastra: Teori, Model dan Terapan, Yogyakarta: Morfalingua, 2017.
Fadhli, Muhammad, “Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan”, Journal Continuous Education Volume 1, Issue 1, November 2020.
Farida, Ida, dan dkk, Information Literacy Skills: Dasar Pembelajaran Seumur Hidup, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005.
Hunger, J. David dan Thomas L. Wheelen, Manajemen Strategis, Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2003.
Kemendikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti”, Permendikbud, Published Online 2015.
Kemendikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2015 Tentang Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah”, Permendikbud, Published Online 2015.
Kemendikbud, Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah Menunjukkan Budaya Literasi, Jakarta: Kemendikbud, 2016.
Lailatul Mufida, Nur “Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa Di MTs Negeri 3 Malang”, Skripsi, Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020.
Lasa, HS., Kamus Kepustakawanan Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Book, 2009.
Lexy. J., Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991.
Manullang, Marihot, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Bpfe, 2001.
Mushoffa, Aziz “Manajemen Perencanaan Strategik dalam Pengembangan Madrasah Literat di MIN 1 Kota Madiun”, Tesis, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2020.
P. Robbins, Stephen, dan Mary Coulter, Manajemen (terjemahan), (Jakarta: Erlangga, 2010).
Permatasari, A., “Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi”, Prosiding. Seminar Nasional Bulan Bahasa (UNIB Tahun 2015), Diunduh 29 Maret 2021 http://repository.unib.ac.id/11120/Universitas Bengkulu.
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
Putryaningsih, Dian, Analisis Penerapan Budaya Literasi dalam Menumbuhkan Karakter Nasionalisme Kebangsaan di SD Negeri Ngenep 05 Karangploso Malang, Skripsi, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2018.
R. David, Fred, dan David, Forest R., Manajemen Strategik : Suatu Pendekatan Keuangan Bersaing, Terjemahan: Novita Puspasari, Liza Nurbani Puspitasari, Jakarta: Salemba Empat, 2016.
R. David, Fred, Strategic Management: concept and cases, thirteen, Vol. 13, Issue 1, 2013.
R. Terry, George, Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Retno, Heriyanto, “Miris, Minat Baca di Indonesia Menurut UNESCO Hanya 0,001 persen”, https://portalbandungtimur.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-941922838/miris-minat-baca-di-Indonesia-menurut-unesco-hanya-0001-persen.
Saryono, D., Gufran, A.I., Ibrahim, L., Muliastuti, Q.S.A., Akbari, N., Hanifah, M., Noorthertya M., Nento, & Efgeni, “Materi pendukung literasi baca-tulis”, Gerakan Literasi Nasional, 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2017.
Sulistyarini, Winda, “Usaha Kepala Sekolah, Pustakawan, dan Guru PAI dalam Membudayakan Literasi Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Negeri 2 Bantul”, Skripsi, Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijag, 2020.
Suprihanto, John, Manajemen, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2014.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.