Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan Tema 5 Subtema 2 Kelas V MI Nurul Hikmah Tolada Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara

Authors

  • Mirda Mirda IAIN PALOPO
  • Nursyamsi Nursyamsi IAIN PALOPO
  • Bungawati Bugawati IAIN PALOPO

Keywords:

Pengembangan, Media Puzzle, Rantai Makanan

Abstract

Pengembangan merupakan suatu rancangan dalam pembuatan media dalam proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran IPA tentang rantai makanan pada hewan siswa kurang aktif dalam belajar dan hanya mengandalkan buku paket. Oleh karena itu, media puzzle rantai makanan mampu menyampaikan materi secara jelas, cara menggunakannya sangat mudah dan menarik bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan media puzzle (2) untuk mengetahui desain pengembangan media puzzle (3)

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan media puzzle (2) untuk mengetahui desain pengembangan media puzzle rantai makanan (3) untuk mengetahui kevalidan pengembangan media puzzle (4) untuk mengetahui kepraktisan pengmbangan media puzzle yang dikembangkan di kelas V MI Nurul Hikmah Tolada.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research And Development (R&D). Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: (1) analisis kebutuhan (2) desain pengembangan (3) uji kevalidan (4) uji kepraktisan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah : proses pengembangan media puzzle rantai makanan dimulai melakukan pengumpulan data dan informasi dengan menganalisis kurikulum di sekolah. Berdasarkan hasil validitas media puzzle rantai makanan telah divalidasi dengan kategori diantaranya ahli media mendapatkan nilai 75% dengan kategori valid. Sedangkan ahli materi mendapatkan nilai persentase 96,42% dengan kategori sangat valid. Hasil yang sangat memuaskan dan positif dengan nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan sebesar 94,44% dengan kategori sangat praktis berdasarkan respon uji coba dengan 9 peserta didik dan seorang pendidik yakni guru kelas V dengan nilai akhir yang diperoleh dari hasi uji kepraktisan sebesar 83,75% dengan kategori sangat praktis.

References

Abdul Haris Pito, “Media Pembelajan Dalam Perspektif Al-quran”, Diklat Teknis, Vol. 6, No. 2, ( Bandung, 2 Juli-Desember 2018).

Abu Abdullah Muhammad bin Yazid Al-Qazwiiniy, Sunan Ibnu Majah, Kitab. Al-Adab, Juz. 2, No. 3671, (Beirut – Libanon: Darul Fikri, 1982 M), h. 1211.

Anas Sudijono, pengantar statistic, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012).

Aslan Abidin, “Pengaruh Islam Dalam Perubahan Nama Diri Suku Bugis: Sebuah Tinjauan Sejarah,” IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya 14, no. 2 (2016): 676.

Bahar, “Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Sd Dikabupaten Gowa”, Publikasi Pendidikan, Vol 9, No. 1, (Yogyakarta,11 juni 2019), 77-78.

Catib, “Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut”, Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5 No. 2 ( Bandung 21 agustus 2011), 123.

Dwi purwati dan Muhammad Hajarul Aswad, “Efektivitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Group Exchange(GGE) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Medan”, Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol 4, No, 1, (Maret 11 juni 2016), 74.

Desmita Rohadatu Aisy, “Pengembangan Media dengan Pendekatan Saitifik pada Materi IPA”, Pendidikan Sains dan Matematik, Vol 8, No. 1, (18 Juni 2019), 61-71.

Dessy Wardiah, “Pengembangan Media Peta Bentuk Puzzle dengan Memanfaatkan Plastik Kemasan Makanan Ringan Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 1 Pubian, Lampung Tengah”, Skripsi : Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang, (Palembang, 15 Desembar 2019), 234.

Dwi Rahmawaty, “Pengembangan Media Puzzle Interaktif pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII Surabaya,” Skripsi : Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,(14 januari 2012): 317-327.

Edi Setiyo, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasisi Flash Book pada Siswa Kelas V di Kota Medan”, Pendidikan Indonesia, Vol. 18, No. 1, (Medan, 30 mei 2020).

Gagne dan Briggs,”Teori Pembelajaran Gagne dan Brigs”, Pendidikan Indonesia, (19 Februari 2002), 25-27.

Gista rasti, Pengantar Media Puzzle Pembelajaran , Cet.I. Jakarta: Ciputat Pres, 2009.

Hamdami Hamid, “Puzzle Problem Solving Untuk Meningkatkan Partsipasi dan Hasil Belajar Siswa”, Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 2 No. 1 (Enrekang, 24 maret 2009), 118.

Husna, “Pengembangan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SMP Negeri 4 Banten, Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, Vol 5, No, 1, (Banten 17 januari 2020):45.

Indah Nuraini, “Peran Guru Pendidikan Guru Madrasah dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Religius pada Peserta Didik di SMP Katolik Widyatama Kota Batu Tahun Ajaran 2016/2017” (IAIN Tulungagung, 2017).

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an AL-Karim (Bogor : Unit Percetakan Al-Qur’an, 2018).

Kementrian Agama RI, Al-Quran dan Terjemahan (Bogor : Unit Percetakan Al-Qur’an, 2019)

Lutfi Andi Darmawan, “Pengembangan Media Puzzle Susun Kotak pada Tema Ekosistem”, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol 3, No. 1, (Semarang, 2019), 16.

Madinatul, “ Mengembangkan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik”, Inovasi Penelitian,Vol. 1, No. 4, (Bandung, 4 September 2017),673.

Mustika, Eka Prasetya Adhy Sugara, and Maissy Pratiwi, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle’, Jurnal Online Informatika, 2.2 (2018). 121.

Mahmud Yunus, Ilmu Mustalah Hadis,(Jakarta, PT. Hidakarta Agung, 1984).

Downloads

Date published articles:

2023-11-22

Cite on this Journal:

Mirda, M., Nursyamsi, N., & Bugawati, B. (2023). Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan Tema 5 Subtema 2 Kelas V MI Nurul Hikmah Tolada Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Konsepsi, 12(2), 28–37. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/275