Effectiveness of Teacher and Student Communication in Improving Student Achievement in Junior High School
Keywords:
Effectiveness, Communication, Learning AchievementAbstract
This study aims to determine the importance of communication in the learning process of subjects at SMP Negeri 2 Maros. This study uses a quantitative and qualitative research design. The population of this study was 14 teachers and 209 students. Data collection techniques used are observation, interviews, and questionnaires. Researchers combine several kinds of data analysis techniques. Quantitative data were analyzed statistically. For qualitative data is classified in the form of focus groups and becomes accurate facts. The results showed that interaction or communication between teachers and students at SMP Negeri 2 Maros combines various methods in teaching activities to create a productive educative atmosphere.
References
Ali, M. (1987). Guru dalam proses belajar mengajar (Edisi Revisi, Cet. III). Bandung: Sinar Baru.
Arikunto, S. (2003). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Cet. XII). Jakarta: Rineka Cipta.
Astrid, P. S. (1977). Komunikasi dalam teori dan praktek (Jilid I). Bandung: Bina Cipta.
Aswar, N. (2012). Peningkatan kemampuan membaca melalui teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) siswa kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar [Masters, PPS]. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/9378/
Cagara, H. (2005). Pengantar ilmu komunikasi (Ed. I, Cet. VI). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Departemen Agama RI. (1984). Al-Qur’an dan terjemahannya. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an.
Departemen Agama RI. (1984). Al-Qur’an dan terjemahnya. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur’an.
Djamarah, B. S. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif (Cet. III). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Firman, F. (2014). Penerapan teknik penilaian berbasis kelas untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Iqra, 2(1), 42.
Ilham, D. (2014). Implementasi nilai-nilai keagamaan pada mata pelajaran umum dalam upaya peningkatan akhlak peserta didik di MAN Malili Kabupaten Luwu Timur [Masters, STAIN/ IAIN Palopo]. Retrieved from http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/1145/
Jalaluddin. (2004). Psikologi agama (Cet. VIII). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Margono, S. (2003). Metodologi penelitian pendidikan (Cet. II). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nurdjan, S. (2015). Korelasi antara aspek pembelajaran kreatif produktif dan hasil kemampuan menulis akademik (karya tulis ilmiah) mahasiswa IAIN Palopo. Palopo: LP2M IAIN Palopo.
Poerwadarminto, W. J. S. (1994). Kamus umum bahasa Indonesia (Cet. V). Jakarta: Balai Pustaka.
Robinson, A. (1988). Asas-asas praktik mengajar. Jakarta: Bhatara.
Rustaman. (2006). Profesi guru (Cet. II). Jakarta: Pustaka Ilmu.
Rustan, S., Jufriadi, J., Firman, F., & Rusdiana, J. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Tudassipulung. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 2, No. 1, pp. 693-702). Universitas Cokroaminoto Palopo.
Sahabuddin. (1982). Dasar-dasar kependidikan (peranan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar). Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.
Sahabuddin. (1999). Mengajar dan belajar (Cet. I). Makassar: UNM.
Sardiman, A. M. (2003). Interaksi dan motivasi belajar mengajar (Ed. I, Cet. X). Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sudijono, A. (1997). Pengantar statistik pendidikan (Cet. III). Jakarta: Rajawali Press.
Sudjana, N. (1989). Cara belajar siswa aktif dalam proses belajar mengajar (Cet. II). Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, N. (2000). Dasar-dasar proses belajar mengajar (Cet. V). Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.
Sugiono. (2008). Metode penelitian pendidikan (Cet. IV). Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, S. N. (2007). Landasan psikologi dalam proses pendidikan (Cet. IV). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2024 Nursyamsi Nursyamsi, M Alinurdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.