Impelementasi Model Pembelajaran Inquiry dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Palopo

Authors

  • Hadijah Rani Guru Sejarah Kebudayaan Islam MTsN Palopo, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Inqury, Pretasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Penelitian ini adalah peneilitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pretasi belajar siswa pada  mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan menggunakan model pembelajaran Inqury. Kegiatan penelitian ini menggunakan dua siklus. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan berbagai problem terkait pembelajaran SKI di MTsN Palopo. Hasil observasi yang dilakukan peneliti, ditemukan problem yakni minimnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam serta minimnyan penggunaan model-model pembelajaran guru SKI. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pada siklus 1 adalah 75 dan nilai rata-rata pada siklus 2 sebesar 85. Untuk persentase ketuntatasan klasikal pada siklus 1 sebesar 59% dan persentase ketuntatasan klasikal pada siklus 2 sebesar 81%. Sedangkan untuk kriteria pada siklus 1 belum berhasil dan kriteria pada siklus 2 berhasil. Berdasarkan standar ketuntasan klasikal yakni >80%, sehingga dapat disimpulkan bahwa model inquiry yang digunakan dalam penelitian ini dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN Palopo.

References

Agustanti, T. H. (2012). Implementasi metode inquiry untuk meningkatkan hasil belajar biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Arifuddin, A. (2018). Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Perkembangan Potensi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Arifuddin, A. (2019). Konsep Pendidikan Profetik (Melacak Visi Kenabian Dalam Pendidikan). Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(2), 319-338.

Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar (Doctoral dissertation, PPS).

Gaol, D. K. L., & Sirait, M. (2014). Pengaruh model pembelajaran inquiry training menggunakan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 2(2).

Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98.

Mahmud, & Tedi Priatna. (2018). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. In International Journal of Physiology (Vol. 6, Number 1). http://digilib.uinsgd.ac.id/9635/1/FINAL BUKU PTK PENELITIAN KELAS.pdf

Mawarti, S. (2015). Memahami Hakikat Pembelajaran Dalam Islam Sebuah Model-Model dan Metode. MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman, 49–74.

Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165-177.

Musgamy, A. (2017). Quantum Learning Sebagai Proses Pembelajaran Bahasa Arab Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 6(1), 145–155. https://doi.org/10.24252/ad.v6i1.4871

Nuraini, N., Tindangen, M., & Maasawet, E. (2016). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inquiry Dan Permasalahan Siswa Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 2066–2070. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.7653

Nurdin, K., Muh, H. S., & Muhammad, M. H. (2019). The implementation of inquiry-discovery learning. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(1).

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17-25.

Republik Indonesia, UU RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.Bandung: Fokus Media, 2009.

Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58

Somantri, A. (2017). Implementasi Al-Qur’an Surat An-Nahl Ayat 125 Sebagai Metode Pendidikan Agama Islam (Studi Analisis al-Quran Surah An-Nahl Ayat 125). Wahana Karya Ilmiah, 2(01).https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/ view/1036

Surtikanti, H., Adisendjaya, Y. H., & Fitriyani, A. (2015). Pola/Cara Belajar Penerapan Metode Penemuan (Discovery And Inquiry) Pada Kegiatan Laboratorium Biokimia Di Jurusan Pendidikan Biologi. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 41. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v2i1.390

Downloads

Date published articles:

2020-08-01

Cite on this Journal:

Rani, H. . (2020). Impelementasi Model Pembelajaran Inquiry dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Palopo. Jurnal Konsepsi, 9(2), 82–90. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/43