Peningkatan Kompetensi dan Motivasi Belajar Bahasa Inggris dengan Teknik Presentasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu
Keywords:
kompetensi dan motivasi belajar, Bahasa Inggris, teknik presentasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi dan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Inggris melalui teknik presentasi pada SMP Negeri I Bajo Kab. Luwu. Subjek penelitian ini kelas VII yang jumlah siswanya 38 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan ini dilakukan dua siklus. Tiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh dan penelitian tindakan kelas ini: (1) perolehan nilai rata-rata siswa pada prapenelitian 57,11; (2) terjadi peningkatan perolehan nilai rata-rata setelah pelaksanaan siklus I mencapai 68,89 dan siklus II meningkat nilai rata-rata menjadi 71,15; (3) kehadiran siswa belajar dan 93,33% pada siklus I meningkat menjadi 9 7,78% pada siklus II; (4) demikian motivasi siswa belajar meningkat dan 60,52% pada siklus I meningkat menjadi 78,95% pada siklus II.
References
Alfian, E., Kaso, N., Raupu, S., & Arifanti, D. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 54-64.
Depdikbud. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Deepdiknas, 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Efendi, E., Nurdin, K., & Baderiah, B. (2020). Humanist Education: Its Implementation on Scavengers Children’s at TPA Mancani Palopo City. International Journal of Asian Education, 1(3), 155-168.
Fatmawati, F., Hasbi, H., & Nurdin, K. (2020). Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 369-383.
Hidayat, 1999. Bulatin Pelangi Pendidikan. Jakarta: Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SLTP.
Ilham, D. (2019). Implementing Local Wisdom Values in Bride and Groom Course at KUA Bara SubDistrict, Palopo City. Jurnal Konsepsi, 8(1), 1-9.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.
Nurdin, K., Muh, H. S., & Muhammad, M. H. (2019). The implementation of inquiry-discovery learning. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(1).
Rifuddin, B., Ilham, D., & Nurdin, K. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education (IJAE) by READ Institute, 1(2), 81-94.
Soehendro, Bambang. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus. Jakarta: Depdiknas.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra Inggris. Surabaya: SIC.
TW.Solchan dkk. 2008. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris. Jakarta: Universitas Terbuka
Wardani, I.G.A.K. dkk. 2007. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiriaatrnadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.