Pengembangan LKPD Digital Berbasis CTL untuk Meningkatkan Sikap Hormat dan Patuh kepada Orang Tua dan Guru di SMP
Keywords:
LKPD, Media Pembelajaran, CTL, Pembelajaran PAI.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) digital berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Hormat dan Patuh pada Orang Tua dan Guru untuk kelas VIII SMPN 17 Kolaka Utara. Tujuan utama penelitian ini mencakup: (1) mendeskripsikan proses pengembangan LKPD digital berbasis CTL, (2) menguji validitas LKPD digital tersebut, dan (3) menilai tingkat kepraktisannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 18 peserta didik kelas VIII serta guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 17 Kolaka Utara. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan tingkat validitas sebesar 78,9% (kategori valid), sementara validasi oleh ahli materi mencapai 90,6% (kategori sangat valid). Uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor rata-rata 93,7% (sangat praktis) dan oleh siswa sebesar 71,6% (praktis). Dengan demikian, LKPD digital berbasis CTL ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP.
References
Adha, I., & Faridi, F. (2024). Inovasi dalam Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Akhlaq. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 119–137. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i5.532
Akhyar, M., Junaidi, J., Supriadi, S., Febriani, S., & Gusli, R. A. (2024). Implementasi Kepemimpinan Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Teknologi di Era Digital. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(6), Article 6. https://doi.org/10.35931/aq.v18i6.3855
Alfarizi, M. S., & Amien, S. (2024). Development of Islamic Cultural History Teaching Materials for Grade 2 Students at SDN Mayangan 2, Probolinggo City. Al-Fadlan: Journal of Islamic Education and Teaching, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.61166/fadlan.v2i2.72
Amaliyah, S., & Rianti, R. (2024). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III SDN Harmoni Kecamatan Campaka Tentang Ketaatan Kepada Tuhan Yang Maha Esa Melalui Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran PAI. Dirasa Islamiyya: Journal of Islamic Studies, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.61630/dijis.v3i2.55
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560
Dermawan, H., Malik, R. F., & Riafadilah, A. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Experimental Method Materi Peristiwa Alam untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SD. TADRUSUUN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.62274/tadrusuun.v3i2.159
Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Literasi Sains (1st ed.). Deepublish.
Hafid, A., Hardayanti, Nurmasyithoh, I., & Windari, S. (2023). Implementasi Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ARRIYADHAH, 20(2), Article 2.
Hajar, S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Menumbuhkan Minat Siswa Terhadap Matematika Di Madrasah Aliyah. Jurnal El-Hamra : Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 9(3), 117–122. https://doi.org/10.62630/elhamra.v9i3.326
Hasudungan, A. N. (2022). Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan. Jurnal DinamikA, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.18326/dinamika.v3i2.112-126
Jumaidah, S. (2023). Meningkatkan Pemahaman dan Pengamalan Nilai-Nilai Kesucian Melalui Penerapan Problem Based Learning ( PBL ) dalam Pembelajaran Kontekstual Asmaul-Husna Al-Quddus di Kelas 4 Sd Negeri No.105373 Tualang. Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i2.878
Kurniasih, T., Suryajaya, S., Suyidno, S., & Fahmi, F. (2024). E-Modul IPA Berbasis Authentic Learning Untuk Meningkatkan Literasi Digital Peserta Didik. Journal of Banua Science Education, 5(1). https://doi.org/10.20527/jbse.v5i1.326
Mulyawati, S. S., Nugraha, M. S., Aliyah, A., & Yani, A. (2024). Internalisasi Nilai-nilai Karakter melalui Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah. Kharismatik : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.70757/kharismatik.v2i2.93
Nababan, D., & Sipayung, C. A. (2023). Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual dalam Model Pembelajaran (CTL). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 825–837.
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Putri, S. Y., Hamdina, W., Yani, M. D., Yanti, M. Y., & Satria, T. F. (2023). Pengaruh Media Komik Digital dan Media Teks Multimodal Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.12053
Riza, S., Mardhatillah, Rizki, D., & Ihsan, M. A. N. (2024). The Effect of The Use of Contextual Teaching and Learning (CTL) Learning Model on The Cognitive Value of Students of Elementary School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(5), Article 5. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i5.6988
Rohmatun, S., Nasor, M., & Sari, N. A. P. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi. UNISAN JURNAL, 3(2), Article 2.