Strategi Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Salat bagi Siswa Tunarungu di UPT Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Palopo

Authors

  • Andi Uswatun Hasanah Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Nursyamsi Nursyamsi Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Arwan Wiratman Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

Keywords:

Pemahaman Siswa Tunarungu, Strategi, Sekolah Dasar Luar Biasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman materi salat bagi siswa tunarungu di UPT Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Palopo, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam, dengan pelaksanaan penelitian pada Mei–Juni 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi pembelajaran yang adaptif, seperti pengaturan waktu dan ruang belajar, penggunaan media visual, demonstrasi gerakan salat, serta pendekatan individual. Pemahaman siswa dipengaruhi oleh faktor internal (minat, konsentrasi, kesiapan fisik dan psikologis), strategi guru, media pembelajaran, lingkungan belajar, serta dukungan keluarga. Strategi yang tepat dan dukungan dari berbagai pihak terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa tunarungu terhadap materi salat secara signifikan.

References

Arif, M., Nurva’izah, S., & Abd Aziz, M. K. N. bin. (2023). Strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Al-Murabbi, 9(1), 97–122. https://doi.org/10.35891/amb.v9i1.4660

Hakim, M. I., & Lissimia, F. (2021). Kajian penerapan konsep arsitektur perilaku pada Fasilitas Sekolah Luar Biasa Negeri 07 Jakarta. Jurnal Arsitektur Purwarupa, 5(1), 29–34. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/purwarupa/article/view/8334/5249

Hayati, A. M. U. (2020). Shalat sebagai sarana pemecah masalah kesehatan mental (psikologis). Spiritualita, 4(2). https://doi.org/10.30762/spr.v4i2.2688

Marwing, A. (2025). Strategi guru dalam pembinaan salat menengah pertama Islam terpadu dan madrasah tsanawiyah. [Nama jurnal belum tersedia], 10(1), 191–199.

Muspawi, M., & Sulung, U. (2024). Memahami sumber data penelitian: Primer, sekunder, dan tersier. Jurnal Edu Research Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS), 5(9), 110–116. https://doi.org/10.1163/9789004263925_015

Ramdani, N. G., Nurhayati, E., & Mahmudah, A. (2023). Definisi dan teori pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20–31. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).h.20-31

Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya strategi pembelajaran yang tepat bagi siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32–37. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/517

Setiawati, F. A., & Nai’mah. (2020). Mengenal konsep-konsep anak berkebutuhan khusus dalam PAUD. Program Studi PGRA, 6(2), 193–208. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/635/514

Sulfikram, S., Nurwahidah, N., & Misbahuddin, M. (2023). Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam di SMAN 2 Palopo. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(3), 161–170.

Yakin, I. H. (2023). Penelitian kualitatif: Metode penelitian kualitatif. Jurnal Equilibrium, 5(1), 1–7. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/

Downloads

Date published articles:

2025-02-03

Cite on this Journal:

Hasanah, A. U. ., Nursyamsi, N., & Wiratman, A. (2025). Strategi Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Salat bagi Siswa Tunarungu di UPT Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Palopo. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(4), 445–450. Retrieved from http://www.p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/407

Most read articles by the same author(s)