Strategi Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Salat bagi Siswa Tunarungu di UPT Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Palopo
Keywords:
Pemahaman Siswa Tunarungu, Strategi, Sekolah Dasar Luar BiasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman materi salat bagi siswa tunarungu di UPT Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Palopo, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam, dengan pelaksanaan penelitian pada Mei–Juni 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi pembelajaran yang adaptif, seperti pengaturan waktu dan ruang belajar, penggunaan media visual, demonstrasi gerakan salat, serta pendekatan individual. Pemahaman siswa dipengaruhi oleh faktor internal (minat, konsentrasi, kesiapan fisik dan psikologis), strategi guru, media pembelajaran, lingkungan belajar, serta dukungan keluarga. Strategi yang tepat dan dukungan dari berbagai pihak terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa tunarungu terhadap materi salat secara signifikan.
References
Arif, M., Nurva’izah, S., & Abd Aziz, M. K. N. bin. (2023). Strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Al-Murabbi, 9(1), 97–122. https://doi.org/10.35891/amb.v9i1.4660
Hakim, M. I., & Lissimia, F. (2021). Kajian penerapan konsep arsitektur perilaku pada Fasilitas Sekolah Luar Biasa Negeri 07 Jakarta. Jurnal Arsitektur Purwarupa, 5(1), 29–34. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/purwarupa/article/view/8334/5249
Hayati, A. M. U. (2020). Shalat sebagai sarana pemecah masalah kesehatan mental (psikologis). Spiritualita, 4(2). https://doi.org/10.30762/spr.v4i2.2688
Marwing, A. (2025). Strategi guru dalam pembinaan salat menengah pertama Islam terpadu dan madrasah tsanawiyah. [Nama jurnal belum tersedia], 10(1), 191–199.
Muspawi, M., & Sulung, U. (2024). Memahami sumber data penelitian: Primer, sekunder, dan tersier. Jurnal Edu Research Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS), 5(9), 110–116. https://doi.org/10.1163/9789004263925_015
Ramdani, N. G., Nurhayati, E., & Mahmudah, A. (2023). Definisi dan teori pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20–31. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).h.20-31
Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya strategi pembelajaran yang tepat bagi siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32–37. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/517
Setiawati, F. A., & Nai’mah. (2020). Mengenal konsep-konsep anak berkebutuhan khusus dalam PAUD. Program Studi PGRA, 6(2), 193–208. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/635/514
Sulfikram, S., Nurwahidah, N., & Misbahuddin, M. (2023). Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam di SMAN 2 Palopo. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(3), 161–170.
Yakin, I. H. (2023). Penelitian kualitatif: Metode penelitian kualitatif. Jurnal Equilibrium, 5(1), 1–7. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/