Implementasi Model Teams Games Tournaments dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Keywords:
Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Teams Games Tournament pada pemebelajaran matematika peserta didik kelas II.B di MI Datuk Sulaiman Palopo serta mengetahui peningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika dengan mengimplementasikan model pembelajaran Tames Games Tournament (TGT) di kelas II.B di MI Datok Sulaiman Palopo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian peserta didik kelas II.B MI Dato Sulaiman Palopo yang berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas peserta didik dan guru, tes untuk menilai hasil belajar peserta didik, serta dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang berupa dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran TGT dimulai dengan perencanaan, yaitu: 1) mengidentifikasi masalah, 2) mencari penyebab masalah, 3) memilih masalah yang ada, dan 4) merancang tindakan untuk meningkatkan hasil belajar. Selanjutnya tahap tindakan dan observasi dilaksanakan sesuai rancangan tindakan, yaitu melaksanakan sistem pembelajaran TGT dengan menyusun langkah-langkah pembelajaran dalam siklus-siklus, setiap siklus melaksanakan tindakan: a) Teaching; b) Team Study; c) Game and Tournament; d) Recognize Team, sedangkan tahap refleksi, dilakukan pengamatan dan perbaikan pembelajaran TGT pada siklus sebelumnya, sehingga pembelajaran TGT pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik antusias dan aktif mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT. Serta adanya peningkatan hasil belajar peserta didik berdasarkan KKM, peningkatan nilai rata-rata kelas setelah diberi tindakan siklus I sebesar 50% dari 13 peserta didik yang tuntas kemudian siklus II meningkat 84.61% dari 20 orang peserta didik yang tuntas.
References
Anas, S. (2017). Pengantar Statistika (Cet. I). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209
Az-Zahra, A., Abdullah, V., & Marini, A. (2023). Studi literatur: Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(8), 985–996. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i8.5934
Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Chatib, M. (2013). Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa Learning.
Chotibuddin, Z., & Aqib, M. (2018). Teori dan aplikasi penelitian tindakan kelas untuk guru/kepala dan pengawas sekolah/dosen dan mahasiswa/peneliti. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fathor Rozi, F., Widat, E., & Efandari, E. (2021). Implementasi model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan hasil belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 127–142.
Febiani Musyadad, V. (2022). Penerapan model Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Jurnal Tahsinia, 3(2), 147–155. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.333
Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD. Publikasi Pendidikan, 10(1), 8. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.9752
Huda, E. N., & Nailul, M. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 10–204.
Ismail, I., & Arif, M. (2012). Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Munir, N. P. (2016). Pengembangan buku ajar trigonometri berbasis konstruktivisme dengan media e-learning pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 171.
Munir, N. P. (2018). Pengembangan buku ajar trigonometri berbasis konstruktivisme dengan media e-learning pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 167–178. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.454
Najamudin. (n.d.). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PAI dengan menggunakan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Woha semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6), 111.
Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wijayanto. (2019). Pendidikan di era digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 628–638. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3093
Rahmah, A., & Nur, A. (2023). Penerapan model PjBL berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA, PTK: Kelas 3. Jurnal Tindakan, 3(2), 289–304. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.213
Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis scientific approach pada mata pelajaran administrasi umum semester genap kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515
Sampini, S., Mustaji, M., & Harwanto, H. (2021). Problem based learning dan problem solving berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Mimbar Ilmu, 26(1), 79. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31501
Saputra, N. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Cet. I). Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sunardin. (2023). Efektivitas pembelajaran ekonomi pada materi pajak dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) kelas XI IPS 1 SMAN 7 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Indonesian Journal of Teacher Education, 4(1), 32–38. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/1542
Susilowati, D. (2018). Penelitian tindakan kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(1), 36–46.
Syela Racmat, L. B., & Rabia, S. (2023). Upaya peningkatan kemampuan kerjasama peserta didik melalui penggunaan model project based learning (PjBL). Global Journal Teaching Professional, 2, 2830–0866. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp
Takmiliyah, D., & Kota, D. I. (2020). Metode pembelajaran aktif dan kreatif pada Madrasah Diniyah Taklimiyah di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 71–86.
Zaini, M. (2018). Menumbuhkan pendidikan karakter 7 Poe Atikan Purwakarta pada Ajeng Nusantara melalui tari kreatif untuk anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 53–54.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2024 Siti Nur Khasanah, Sukirman Sukirman, Nurul Aswar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.