Analisis Tindak Tutur Antara Penjual dan Pembeli di Pasar Tradisional Tala-Tala Berdasarkan Maksim Kesopanan
(Kajian Pragmatik )
Keywords:
Tindak Tutur, Penjual dan Pembeli, Maksim KesopananAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan fenomena lokusi, ilokusi, dan perlokusi di pasar tradsional Tala-Tala. Masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan fenomena lokusi, ilokusi, dan perlokusi di pasar tradsional Tala-Tala. Jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian adalah tuturan yang digunakan penjual dan pembeli dalam proses interaksi jual beli di pasar Tradisional tala-tala. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, rekam, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis interaktif. Hasil penelitian adalah penggunaan tindak tutur percakapan penjual dan pembeli di pasar tradisional tala-tala dapat dikaji dengan mengguakan kajian pragmatik. Hal ini terbukti karena dalam percakapan penjual dan pembeli di pasar tradisional tala-tala yang ditemukan terdapat bentuk-bentuk tindak tutur yang terdiri dari tiga jenis yaitu tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi, dan tindak tutur perlokusi. Penggunaan tindak tutur tersebut dapat dianalisis sehingga maknanya menjadi jelas dan dapat dipahami oleh pembaca, pendengar, dan masyarakat awam yang belum paham mengenai tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi dan tindak tutur perlokusi.
References
Andianto, Mujiman Rus. 2013. Pragmatik: Direktif dan Kesantunan Berbahasa. Yogyakarta: Gress Publishing.
Apriastuti, N. N. A. A. 2017. Bentuk, fungsi dan jenis tindak tutur dalam komunikasi siswa di kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1).
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chan, D. M. 2019. Ilokusi tuturan tokoh utama dalam komik tiga manula jalan- jalan ke singapura karya Benny Rachmadi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 45–52.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan awal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Chaer, A. (2010). Kesantunan berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Cummings, Louise. 2007. Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Deby Harlia, P. P. 2019. Analisis kesantunan berbahasa guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Labuapi. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Dipodjoyo, G. U., Santoso, R. P., Handayani, D., Hidayah, N., Shinta, A., Palupi, J., Hidayat, M. F., Subiyantini, D., Rizky, P., & Sudewo, P. A. (2016). Prosiding Seminar Nasional Psikologi Aktualisasi Potensi Anak Bangsa Menuju Indonesia Emas.
Humor, P. (2018). Tinjauan Struktur Pragmatik. Jurnal Ilmu Budaya Vol, 2(4).
Masfufah, Nurul. 2010. Kesantunan Bentuk Tuturan Direktif di Lingkungan SMA Negeri 1 Surakarta (sebuah kajian Sosiopragmatik).
Megawati, M., Ana, H., & Yazid, M. (n.d.). Penggunaan deksis dalam cerita rakyat bugis yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2).
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Mashun. 2005. Metode Penelitian Bahasa (Tahapan Srategi, Metode dan Tekniknya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyadi, J., & Permatasari, S. 2019. Realisasi Kesantunan Berbahasa di Lingkungan Sekolah Dasar Kota Padang. Journal of RESIDU, 3(23).
Mulyana, Deddy dan Jalaluddin Rakhmat. 2006. Komunikasi Antarbudaya: Panduan Berkomunikai dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nadar, FX. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Pranowo. 2009. Pokok-pokok pragmatik. Semarang CV IKIP: Semarang Press.
Rahardi, Kunjana dkk. 2018. Pragmatik: Fenomena ketidak santunan santunan berbahasa. Yogyakarta: Erlangga.
Rahardi, R. Kunjana. 2003. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Rohmadi, Muhammad. 2017. Pragmatik teori dan analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Rusminto, N. E. 2010. Memahami bahasa anak-anak. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sugiarto, E. 2017. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis: Suaka Media. Diandra Kreatif.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuliarti, Y., Rustono, R., & Nuryatin, A. (2015). Tindak tutur direktif dalam wacana novel trilogi karya Agustinus Wibowo. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2).
Yule, George. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yule, G. (2006). Pragmatik (Terjemahan Indah Fajar Wahyuni). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.